Pasien dengan keluhan tidak haid tiga bulan setelah vaksin COVID-19 - Diskusi Dokter

general_alomedika

alo dok, ijin diskusi beberapa pasien datang dengan keluhan tidak haid tiga bulan setelah vaksin dosis I merk az, apakah memang dok ada hubungan terkait...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pasien dengan keluhan tidak haid tiga bulan setelah vaksin COVID-19

    05 Februari 2022, 09:43
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    alo dok, ijin diskusi

    beberapa pasien datang dengan keluhan tidak haid tiga bulan setelah vaksin dosis I merk az, apakah memang dok ada hubungan terkait vaksin dan siklus menstruasi dan apakah pasien seperti ini bisa diberikan dosis II? terimakasih dok

07 Februari 2022, 09:00

Alo Dokter, Perubahan menstruasi telah dilaporkan pasca vaksinasi COVID-19, baik vektor mRNA maupun adenovirus. Hal ini menunjukkan bahwa, jika ada hubungan vaksinasi COVID-19 dengan perubahan menstruasi, kemungkinan besar merupakan hasil dari respons imun individual terhadap vaksinasi daripada komponen vaksin tertentu.

Berdasarkan laporan Medicines and Healthcare Products Regulatory Agency (MHRA) Inggris, kebanyakan perempuan yang melaporkan perubahan menstruasi setelah vaksinasi  akan kembali normal, dan yang penting, tidak ada bukti bahwa vaksinasi COVID-19 berdampak buruk pada fertilitas.

referensi: https://www.bmj.com/content/374/bmj.n2211.long