Pasien usia 83 tahun dengan sesak napas dan batuk kering yang tidak henti - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dokter, maaf bertanya. Saya mendapat pasien umur 83 tahun dengan keluhan sesak napas dan batuk kering yang tidak henti. Pasien mengeluh tenggorokan sakit...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pasien usia 83 tahun dengan sesak napas dan batuk kering yang tidak henti

    08 Oktober 2022, 07:30
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Alo dokter, maaf bertanya. Saya mendapat pasien umur 83 tahun dengan keluhan sesak napas dan batuk kering yang tidak henti. Pasien mengeluh tenggorokan sakit dan terasa mengganjal sehingga terlihat selalu memegang tenggorokannya dan ingin terus mengeluarkan riak disertai nyeri di perut. Keluhan dialami lama dan berkurang jika minum obat namun tidak pernah hilang. Nafsu makan masih baik. Dari pemeriksaan fisik, td 160/80, nadi 89, RR 22/mnt, nafas vesikuler, ronkhi (-), wheezing (-). Nyeri epigastrium, timpani. Riwayat maag, konstipasi dan hipertensi. Pasien menolak diperiksa di rumah sakit dan hanya ingin dirawat di rumah. Riwayat obat siladex syrup 3x1, vectrine 3x1, obh combi 3x1, metilprednisolon 4 mg, sucralfat 3x1, domperidon 3x1, amlodipin 5mg 1x1, golden throat lozenges 6x1. 

09 Oktober 2022, 07:40
dr. Rano Aditomo, Sp.THT-KL
dr. Rano Aditomo, Sp.THT-KL
Dokter Spesialis THT
Bisa ditambahkan anamnesisnya dok, apakah ada suara serak, dan sulit menelan. Bicaranya ada pelo / sengau tidak?
Sesak nafas pada usia lanjut banyak sekali faktornya: pulmonal, kardial, gastrial maupun sumbatan jalan nafas atas (tumor laring, dll) .
Terima ksih