Sakit Kepala setelah KB suntik - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alodokter izin bertanya, ada pasien mengeluh bahwa setelah suntik KB 3 bulan, kepala terasa sakit, Os pertama kali suntik KB, sudah konsumsi Paracetamol...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Sakit Kepala setelah KB suntik

    21 Februari 2020, 18:53
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Alodokter izin bertanya, ada pasien mengeluh bahwa setelah suntik KB 3 bulan, kepala terasa sakit, Os pertama kali suntik KB, sudah konsumsi Paracetamol tetapi belum ada perubahan. 

    Yang ingin saya tanyakan,

    Adakah hubungan yang signifikan antara KB hormonal dan sakit kepala yang berkepanjangan?

21 Februari 2020, 19:43
Alo Dok, 

Menurut Mayo Clinic (link https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/chronic-daily-headaches/in-depth/headaches/art-20046729 ), KB hormon akan menyebabkan fluktuasi hormon di dalam tubuh, karena itu pada sebagian wanita, efek samping yang bisa timbul adalah sakit kepala. Tapi bukan berarti setiap wanita pasti mengalami efek samping yang sama ya. 

Karena itu, perlu juga digali lagi lebih dalam, misalnya bertanya pencetus sakit kepala, apakah sebelum pakai KB sering sakit kepala, karakteristik sakit kepala yg muncul seperti apa. Sehingga bisa dipastikan penyebab sakit kepala berkepanjangan ini dan setelahnya diberikan penanganan yang sesuai. 

Semoga bermanfaat. 
22 Februari 2020, 07:48
Alo Dok,

Kb hormonal memang bisa menyebabkan sakit kepala dok, terutama yg mengandung estrogen. Estrogen bisa menyebabkan munculnya sakit kepala tipe tegang maupun migrain. Keluhan sakit kepala jarang muncul akibat penggunaan progesteron (pada kb 3 bln), meskipun bisa saja terjadi. Coba dievaluasi lagi dok, apakah tdk ada penyebab lain, jika memang penyebabnya krn kb mala dianjurkan utk switch ke kb non hormonal dok, seperti IUD. 
22 Februari 2020, 10:45
Anonymous
Anonymous
Dokter Umum
Apakah selama 3 bulan pengaruh KB nya masih ada akan sakit kepala terus?
22 Februari 2020, 10:45
Anonymous
Anonymous
Dokter Umum
Apakah selama 3 bulan pengaruh KB nya masih ada akan sakit kepala terus?