Pasien dengan riwayat nefrolitiasis apakah perlu pemeriksaan rutin - Urologi Ask the Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dr. Wempy, pasien nefrolitiasis sudah tidak ada keluhan nyeri pinggang. Apakah ada anjuran untuk kontrol rutin urinalisis, USG atau BNO-IVP? Jika iya,...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pasien dengan riwayat nefrolitiasis apakah perlu pemeriksaan rutin - Urologi Ask the Expert

    21 Januari 2021, 10:54

    Alo dr. Wempy, pasien nefrolitiasis sudah tidak ada keluhan nyeri pinggang. Apakah ada anjuran untuk kontrol rutin urinalisis, USG atau BNO-IVP? Jika iya, apakah setiap ada keluhan saja? Hasil radiologi nefrolitiasis awal ukuran batu <1 cm, posisi di pelvis. Terimakasih 

21 Januari 2021, 11:17
dr. Wempy Supit Sp.U, FACS
dr. Wempy Supit Sp.U, FACS
Dokter Spesialis Urologi

AloDok. Saran saya untuk rujukan urologi agar dapat diselesaikan batu tersebut dengan berbagai modalitas non-ivasif seperti shock wave / ESWL apabila ukuran masih sekitar 1cm.

Pernyataan "sudah tidak ada keluhan nyeri pinggang" = batu mungkin berubah posisi dan saat ini tidak obstruksi ureter, atau infeksi / nyeri sudah reda karena medikamentosa... tapi mohon disarankan ke pasien, bukan berarti batunya bisa dibiarkan dan hanya diperiksa ulang berkala. 

BNO-IVP berguna untuk evaluasi ureter apakah ada obstruksi, alternatif lain bisa dengan CT-Urografi (kontras / non-kontras).