Riwayat kista ginjal apakah boleh mendapatkan vaksin COVID-19 sinovac - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dokter, izin bertanya, seorang user dengan riwayat kista ginjal yang sering hilang tumbul gejalanya dan belum dioperasi apa boleh mendapat vaksin...

Diskusi Dokter

24 Mei 2021, 12:08

Alo Dokter

Saat ini belum ada data spesifik ya terkait kista ginjal dan vaksin Sinovac. Namun, beberapa literatur telah membahas tentang pemberian vaksin COVID-19 pada pasien dengan penyakit ginjal kronis. Panduan dari PAPDI (Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia) menyatakan bahwa vaksin dapat diberikan pada pasien penyakit ginjal kronis asalkan kondisi pasien stabil (tidak sedang mengalami komplikasi akut terkait penyakit ginjalnya maupun terkait penyakit lain). Pasien mungkin bisa diperiksa terlebih dahulu fungsi ginjalnya dan kondisi kesehatannya secara umum sebelum ditentukan bisa divaksin atau tidak.

Berikut artikel tentang vaksin COVID-19 pada pasien dengan penyakit ginjal kronis ya dok, mengingat belum ada data spesifik yang untuk kista ginjal:

https://www.alomedika.com/vaksinasi-covid19-dan-penyakit-ginjal-kronis

24 Mei 2021, 14:16
Baik dokter Irene, terimakasih atas informasinya
25 Mei 2021, 11:39

Alo Dokter, 

Kebetulan saya adalah vaksinator Covid dok. Setuju dengan dr. Irene bahwa selama kondisi pasien stabil diperbolehkan untuk dilakukan vaksinasi namun jika pasien ragu boleh minta pasien untuk kontrol kembali ke dokter yang menangani sebelumnya untuk membuat surat kelayakan vaksinasi dengan format terlampir dok. 

https://www.papdi.or.id/berita/info-papdi/1024-rekomendasi-papdi-tentang-pemberian-vaksinasi-covid-19-pada-pasien-dengan-penyakit-penyerta-komorbid-revisi-18-maret-2021