Risiko Miokarditis dan Perikarditis Pasca Vaksinasi COVID-19 mRNA - Artikel Alomedika - Diskusi Dokter

general_alomedika

ALO Dokter,Miokarditis dan perikarditis telah dilaporkan sebagai salah satu efek samping pasca vaksinasi COVID-19 jenis mRNA, baik vaksin Pfizer-BioNTech...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Risiko Miokarditis dan Perikarditis Pasca Vaksinasi COVID-19 mRNA - Artikel Alomedika

    28 September 2021, 14:57

    ALO Dokter,

    Miokarditis dan perikarditis telah dilaporkan sebagai salah satu efek samping pasca vaksinasi COVID-19 jenis mRNA, baik vaksin Pfizer-BioNTech maupun vaksin Moderna. Beberapa studi melaporkan kejadian ini lebih berisiko pada laki-laki, usia remaja atau dewasa muda, dan setelah dosis kedua.

    Gejala muncul pada hari ke-1 hingga ke-7, terbanyak pada hari ke-3 setelah penyuntikan. Secara umum, gejala yang terjadi berupa nyeri dada, palpitasi, sesak napas, demam, lemah, mual, muntah, dan nyeri perut.

    Mekanisme potensial, presentasi klinis, diagnosis, serta tata laksana miokarditis dan perikarditis pasca vaksin COVID-19 dapat Dokter baca dan pelajari di artikel CME ALOMEDIKA.

    Link: https://www.alomedika.com/risiko-miokarditis-perikarditis-pasca-vaksinasi-covid19-mrna

    Jadi Dokter Andal dalam Genggaman! Salam Alomedika

29 September 2021, 12:58

Alo Dok, 

Terima kasih atas infonya