Rekomendasi dan Kontraindikasi Vaksin Coronavac - Vaksin COVID-19 Ask The Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Siang dr. Rodman Tarigan, Sp.A(K).MKes,Izin bertanya dok1. Apakah sudah ada rekomendasi terbaru untuk pemberian vaksin Coronavac bagi ibu menyusui, hamil,...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Rekomendasi dan Kontraindikasi Vaksin Coronavac - Vaksin COVID-19 Ask The Expert

    09 Maret 2021, 14:51

    Siang dr. Rodman Tarigan, Sp.A(K).MKes,

    Izin bertanya dok

    1. Apakah sudah ada rekomendasi terbaru untuk pemberian vaksin Coronavac bagi ibu menyusui, hamil, atau sedang merencanakan kehamilan? yang sebelumnya saya baca masih belum boleh diberikan.

    2. Lalu, salah satu kontraindikasi juga adalah jika diberikan pada orang yang punya riwayat alergi hebat akibat vaksin Coronavac dosis pertama atau akibat dari komponen yang sama yang terkandung di vaksin. Apakah maksudnya alergi yang dimaksud hanya terhadap vaksin Coronavac saja dan bukan vaksin lain yang pernah dijalani dok? Lalu, untuk poin kedua "komponen yang terkandung vaksin", boleh dijelaskan kah dok? mgkn ada contohnya dok, semisal vaksin yang memiliki kesamaan komponen dengan vaksin Coronavac adalah vaksin X.

    Terima kasih dokter..

09 Maret 2021, 15:30

baik dok, untuk pertanyaan nomor 1 yang sudah bisa diberikan vaksin adalah ibu menyusui dok.

untuk nomor 2 dok,yang dimaksud alergi berat disini adalah bisa dari riwayat vaksin sebelumnya.Namun hal itu tdk berarti yang bersangkutan tidak bisa menerima vaksin sinovac. Prinsipi kewaspadaan perlu kita jaga akan terjadinya risiko syok anafilaksis untuk semua pemberian vaksin dok ya.

Kandungan vaksin ada antigen, adjuvant, preservative, stabilizer,surfaktan,residual dan diluent dok.

Untuk yang sama dari setiap vaksin biasanya komponen adjuvantnya dok, yaitu untuk meningkatkan imunogenitasnya, yaitu unsur aluminium hidroksida dok.

09 Maret 2021, 15:36

Baik, terima kasih dokter, jawabannya sangat jelas.