Apakah yang dapat menjadi penyebab terjadinya alergi vaksin COVID-19 pfizer BioNTech - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo, dok. Saya dapat informasi kalau ada petugas kesehatan yang mengalami reaksi alergi serius setelah mendapat vaksin corona pfizer BioNTech? Kira2 apa yang...

Diskusi Dokter

18 Desember 2020, 14:03

ALO, dr. Jimmy!

Sampai saat ini, belum diketahui komponen apa yang dapat menyebabkan reaksi alergi akibat pemberian vaksin tersebut. Tidak seperti vaksin tradisional, vaksin BioNTech diketahui tidak mengandung bahan pengawet dan komposisi yang terkandung dalam telur ayam. 

Menurut FDA, data yang ada saat ini sudah sesuai dan tidak mengindikasikan restriksi terhadap penggunaan vaksin BioNTech tersebut, Dok. 2 dari 3 partisipan yang mengalami reaksi alergi berat (anafilaksis) diketahui memiliki reaksi alergi berat sebelumnya.

Walaupun reaksi anafilaktik akibat vaksin jarang terjadi, tetapi reaksi ini dapat saja terjadi pada sekitar 1 dari 1.000.000 orang yang divaksinasi (pada semua jenis vaksin). Oleh karena itu, upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah reaksi alergi ini adalah mengidentifikasi individu yang memiliki riwayat reaksi alergi terhadap vaksin sebelumnya atau alergi terhadap komponen vaksin dan memonitor efek samping vaksinasi selama setidaknya 15 menit setelah penyuntikan. Selain itu, fasilitas kesehatan tempat pemberian vaksin harus dilengkapi dengan obat2an dan peralatan untuk menangani reaksi alergi yang berat (epinefrin/anaphylactic kit).

Karena ini vaksin baru juga, kita tunggu perkembangan selanjutnya ya, Dok.

https://www.cdc.gov/vaccines/hcp/acip-recs/general-recs/adverse-reactions.html

https://www.washingtonpost.com/health/covid-vaccine-allergic-reactions/2020/12/17/a8490340-409d-11eb-8bc0-ae155bee4aff_story.html

18 Desember 2020, 14:42
Terima kasih, dok
18 Desember 2020, 14:05
ALO,  Dokter,  izin berdiskusi dokter,  topik ini memang sedang hangat ya dok dikalangan internal kita,  kejadian ikutan paska imunisasi memang tidak bisa terpisahkan dari setiap tindakan vaksinasi,  bisa terjadi KIPI ringan hingga berat, reaksi alergi sendiri dapat terjadi pada seseorang akibat hipersensitivitas terhadap komponen utama atau komponen tambahan dari vaksin. Setiap melakukan tindakan imunisasi jenis apapun memang harus selalu dilakukan pemantauam terutama terhadap timbulnya tanda" reaksi alergiBerikut saya lampirkan tautan sebagai informasi tambahan,  semoga bisa sedikit membantu
https://in.vaccine-safety-training.org/vaccine-reactions.html
18 Desember 2020, 14:42
Terima kasih, dok