Probiotik untuk Diare Berulang pada Balita - Gizi Klinik Ask The Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo Dok, mohon bertanya, saya mempunyai pasien usia 2 tahun dengan riwayat diare berulang setelah pemberian antibiotik cefixime untuk penyakit terdahulu....

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Probiotik untuk Diare Berulang pada Balita - Gizi Klinik Ask The Expert

    26 Januari 2022, 13:40
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Alo Dok, mohon bertanya, saya mempunyai pasien usia 2 tahun dengan riwayat diare berulang setelah pemberian antibiotik cefixime untuk penyakit terdahulu. Mohon saran dokter tentang pemberian probiotik untuk balita agar bakteri usus seimbang. Terima kasih!

26 Januari 2022, 14:11

Pemberian probiotik dapat diberikan pada bayi dan anak yang mengalami diare karena dapat  memberikan manfaat bagi saluran cerna, memodulasi sistim imun ( paling banyak di saluran cerna).  Pemberian probiotik dapat dikombinasikan sengan prebiotik. 

27 Januari 2022, 11:49
dr.Budiyanto, SpA
dr.Budiyanto, SpA
Dokter Spesialis Anak
Mohon izin menanggapi, tentunya untuk diare berulang pada anak harus dicari kausanya terlebih dahulu, apakah infeksi atau non infeksi, tentunya untuk infeksi yg terbanyak adalah virus terutama Rotavirus, yg pdu akan sembuh dalam waktu kurang dari 7 hari. Sedangkan pada kasus tertentu yg lebih jarang yg disebabkan bakteri, mis disentri dengan pengobatan antibiotik yang sesuai akan membaik dalam waktu yang kurang lebih sama. Apabila infeksi berulang dapat kita cari faktor resiko misalnya malnutrisi, higiene dan sanitasi, defisiensi mikro nutrien dll. Diare yg berulang juga dapat disebabkan noninfeksi misalnya alergi. Probiotik masih belum masuk ke dalam LINTAS Diare, namun dari penelitian menunjukkan manfaat yg cukup baik, sehingga dalam rekomendasi penatalaksanaan gastroenteritis dari ESPHGHAN/NASPHGHAN 2014 dapat diberikan pada diare akut terutama dengan penyebab virus, tentunya strain spesifik dan dalam jumlah yg adekuat, mis Lactobacillus rhamnosus strain GG minimum 100 miliar cfu, dapat menurunkan intensitas dan durasi diare. Probiotik juga bermanfaat dalam mencegah suatu diare yg terkait antibiotik (AAD). Untuk pencegahan terhadap diare infeksi dengan probiotik masih memerlukan penelitian lebih lanjut, namun dari beberapa penelitian bermanfaat, antara lain dengan memodulasi sistem imun host dan mencegah pertumbuhan bakteri patogen. Demikian tanggapan saya semoga bermanfaat.