Pertimbangan Pemberian Vitamin C dan Vitamin D pada Pasien dengan riwayat BSK - Urologi Ask the Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dr. Andika, Sp. U, izin bertanya dokter.Bagaimana pertimbangan pemberian vitamin C dan vitamin D sebagai penguat sistem imun dan juga vitamin yang rutin...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pertimbangan Pemberian Vitamin C dan Vitamin D pada Pasien dengan riwayat BSK - Urologi Ask the Expert

    26 Agustus 2021, 14:43

    Alo dr. Andika, Sp. U, izin bertanya dokter.

    Bagaimana pertimbangan pemberian vitamin C dan vitamin D sebagai penguat sistem imun dan juga vitamin yang rutin diberikan pada pasien COVID-19 jika ternyata pasien punya riwayat batu saluran kemih?

    Terimakasih sebelumnya dokter.

26 Agustus 2021, 15:00
dr.Andika Afriansyah, SpU, FICS
dr.Andika Afriansyah, SpU, FICS
Dokter Spesialis Urologi

Vitamin C memamng meningkatkan resiko batu ginjal,karena berkorelasi dengan batu ginjal jenis kalsium oksalat. Akan tetapi, tak perlu khawatir. Vitamin C kurang dari 2.000 mg masih tergolong aman, hidrasi dengan terget urin 2.500 ml per 24 jam agar mengurangi resiko supersaturasi oksalat akibat vitamin C perlu dilakukan.

Sama halnya dengan vitmain D, memang vitamin D akan meningkatkan resorpsi kalsium usus dan meningkatkan kemungkinan hiperkalsiuria yang merupakan nidus dari batu ginjal. Asalakan hidrasi pasien baik, tidak ada masalah mengkonsusmsi vitamin D. Hidrasi itu diukur dari urine output, bukan konsumsi cairan karena aktifitas orang berbeda-beda. Diuresis di atas 2.500 ml untuk dewasa adalah rekomendasi untuk pasien dengan riwayat batu ginjal.

 

Terima kasih