Pertimbangan nutrisi untuk atlet - Kedokteran Olahraga Ask the Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dr. Putra Rizki, Sp.KO, izin bertanya dokter.Bagaimana mengatur asupan nutrisi yang baik untuk atlet? Apakah jenis olahraga akan memiliki kebutuhan serta...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pertimbangan nutrisi untuk atlet - Kedokteran Olahraga Ask the Expert

    10 September 2021, 14:13

    Alo dr. Putra Rizki, Sp.KO, izin bertanya dokter.

    Bagaimana mengatur asupan nutrisi yang baik untuk atlet? Apakah jenis olahraga akan memiliki kebutuhan serta jumlah nutrisi yang berbeda? Suplemen tambahan apa saja yang akan dibutuhkan?

    Terimakasih sebelumnya dokter atas informasinya.

10 September 2021, 15:16

Hi dok

Pertimbangan nutrisi untuk atlet cukup komplek, sangat spesifik berdasarkan cabang olahraga, jenis dan durasi latihan atlet.

yang paling general biasanya adalah kebutuhan protein seorang atlet minimal 1,5-2g/kgBBbb, ini bisa lebih jika cabang olahraga yang membutuhkan latihan pengembangan otot. pengaturan kalori lain kembali dispesifikkan ke cabang olahrga lain, kapan mereka butuh loading karbohidrat dan kapan dengan porsi karbohidrat normal.

Suplemen sangat dihindari untuk atlet, terkait regulasi doping, jika membutuhkan suplemen tambahan ini harus dibicarakan bersama dengan pihak pelatih dan official dan dipastikan kandungannya (baik metabolitnya) tidak mengandungbahan yang dilarang badan doping Indonesia/dunia.

Terimakasih