Ibu hamil yang melakukan perjalanan jauh - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alodokter, izin bertanya dok. Ingin menyamakan persepsi mengenai perjalanan jauh pada ibu hamil. Apakah semua bumil tanpa keluhan Kram perut atau...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Ibu hamil yang melakukan perjalanan jauh

    21 November 2019, 12:59

    Alodokter, izin bertanya dok. Ingin menyamakan persepsi mengenai perjalanan jauh pada ibu hamil. Apakah semua bumil tanpa keluhan Kram perut atau Flek/perdarahan pada kehamilan di trimester awal dan akhir diperbolehkan untuk melakukan perjalanan jauh, baik menggunakan mobil, kereta api, ataupun pesawat jika sudah mendapatkan izin dari dokter kandungan?

21 November 2019, 14:01
dr. Willy
dr. Willy
Dokter Umum

ALO dr. Anggi,

 

 

Traveling selama kehamilan diperbolehkan pada kehamilan sebelum 36 minggu, dan tidak ada kondisi di bawah ini:

1. Ketuban pecah dini

2. Preeclampsia

3. Berisiko lahir prematur

 

 

Namun memang waktu paling nyaman untuk travel adalah trimester ke-2. Karena komplikasi paling jarang terjadi di trimester ke-2.

 

 

Sumber:

https://www.acog.org/Patients/FAQs/Travel-During-Pregnancy?IsMobileSet=false

 

 

Mohon maaf tidak ketemu sumber lain dok, hanya dari sini. Mungkin ada TS lain yang menemukan sumber jurnal yang lebih valid.

21 November 2019, 19:08
Terima kasih banyak dok 🙏
22 November 2019, 10:07

Alo Dokter!

Alomedika pernah merilis artikel mengani fitness to fly pada ibu hamil

https://www.alomedika.com/fitness-to-fly-pada-kehamilan

Semoga membantu dok

22 November 2019, 15:36
dr. Bima Ananta, SpOG
dr. Bima Ananta, SpOG
Dokter Spesialis Kandungan
Alodok
Pada dasarnya perjalanan dalam kehamilan aman dan tidak mempengaruhi kondisi kehamilan tersebut. Namun pada kehamilan trimester pertama sedang terjadi perubahan di fisiologi tubuh. Selama tidak ada keluhan yg berat seperti flek / pendarahan atau hiperemesis dg metabolic imbalance saya rasa boleh melakukan perjalanan dengan moda transportasi apapun. Tks
22 November 2019, 15:41
Boleh dok.. Ada baiknya bumil minta surat keterangan kehamilan dari dokter karena kadang diminta oleh beberapa maskapai penerbangan dan kereta api.
22 November 2019, 16:27
Terima kasih infonya dok 🙏😊
22 November 2019, 20:06
Biasanya pada trimester 1, bumil masih sering mual (hiperemesis) dan masih rentan abortus. Kalo trimester 3, rentan lahir prematur. Paling aman memang di trimester 2.
Perlu diperhatikan juga untuk penerbangan jarak jauh, meningkatkan resiko DVT karena duduk terlalu lama. Pasien perlu diedukasi tips n' tricks supaya mencegah DVT.
23 November 2019, 23:36
Setuju dengan kecermatan dokter.
Hati-hati dengan DVT yang sering dialami pada kasus economy class syndrome. Hamil trimester 3 dapat menjadi pemberat karena tekanan dari janin terhadap drainage aliran balik vena ke vena cava inferior.
Pemakaian stocking dan mobilisasi lebih sering dapat mencegah
Salam.