Perbedaan otitis media efusi dengan otitis media eosinofilik - Ask The Expert THT - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dr. Yonian, Sp. THT-KL, izin bertanya lagi dokter, bagaimana cara membedakan antara otitis media efusi dan juga otitis media eosinofilik dari gambaran...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Perbedaan otitis media efusi dengan otitis media eosinofilik - Ask The Expert THT

    02 Agustus 2021, 11:32

    Alo dr. Yonian, Sp. THT-KL, izin bertanya lagi dokter, bagaimana cara membedakan antara otitis media efusi dan juga otitis media eosinofilik dari gambaran gejala ataupun klinis saat pemeriksaan fisik? Apakah pemeriksaan laboratorium darah spt pemeriksaan kadar eosinofil dalam darah akan dibutuhkan?

    Terimakasih sebelumnya dokter­čÖĆ

02 Agustus 2021, 12:43

Alo dokter,

 

Otitis media eosinofilik ditandai dengan adanya cairan/ efusi pada telinga tengah dengan viskositas tinggi (biasanya berwarna kekuningan). Efusi ini mengandung jumlah eosinofil yang cukup tinggi. Beberapa penelitian mengaitkan otitis media eosinofilik dengan ko-morbid asma bronkial, rinitis alergi, polip nasal dan pasien dengan intoleransi aspirin. Perbedaan dengan otitis media lainnya adalah biasanya otitis media eosinofilik ini cukup sulit menunjukkan perbaikan setelah ditatatalaksana dengan pengobatan sesuai otitis media, terdapat dan berhubungan dengan komorbid yang telah disebutkan di atas, terdapat "bulging" pada membran timpani kuadran posterosuperior yang tidak hilang dengan pengobatan medikamentosa, dan sekret pada telinga tengah berwarna kekuningan bersifat kental dengan viskositas tinggi. Pemeriksaan kadar eosinofil pada sekret yang berasal dari efusi telinga tengah dapat membedakan dari jenis otitis media efusi non eosinofilik. Hingga saat ini masih belum ada riset yang membuktikan pemeriksaan eosinofil darah dapat menjadi kriteria diagnosis otitis media eosinofilik.



dr. Yonian Gentilis Kusumasmara, Sp.THT-KL berpraktik di Rumah Sakit Eka Bekasi