Peranan Pemeriksaan Rapid Antigen dan Swab PCR pada Anak - Anak Ask The Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dr. Wahyuni Indawati, Sp. A(K) , izin bertanya dokter.Bagaimana peranan pemeriksaan diagnostik COVID-19 spt pemeriksaan rapid antigen dan PCR pada anak?...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Peranan Pemeriksaan Rapid Antigen dan Swab PCR pada Anak - Anak Ask The Expert

    18 Agustus 2021, 13:57

    Alo dr. Wahyuni Indawati, Sp. A(K) , izin bertanya dokter.

    Bagaimana peranan pemeriksaan diagnostik COVID-19 spt pemeriksaan rapid antigen dan PCR pada anak? Apakah wajib diperiksa bila memang ada gejala atau punya riwayat kontak dengan pasien COVID-19?

    Jika memang sekeluarga yang tinggal serumah sudah periksa dan dinyatakan positif, apakah anak boleh tidak diperiksa tapi dianggap positif dan diberi terapi sesuai gejala?

    Terimakasih sebelumnya dokter.

18 Agustus 2021, 14:31
dr. Wahyuni Indawati SpAK
dr. Wahyuni Indawati SpAK
Dokter Spesialis Anak

Alo Dr Nurul Falah,

Diagnosis pada anak sama seperti dewasa yaitu dengan memeriksa PCR 2 x dengan jarak 24 jam, sehingga untuk diagnosis memang diperlukan pemeriksaan PCR. 

 

 

 

 

19 Agustus 2021, 00:00
dr. Ricky C. Sondakh, M.Kes., Sp.KKLP
dr. Ricky C. Sondakh, M.Kes., Sp.KKLP
Dokter Spesialis Kedokteran Keluarga Layanan Primer
Pemeriksaan RT PCR saya sarankan setelah 7 hari sejak timbulnya gejala, dibawah 7 hari baiknya di periksa RDT Antigen(Swab) untuk diagnosa lebih cepat sebab pemeriksaan RDT antigen untuk 7 hari sejak timbulnya gejala sangat akurat (tergantung merek) lebih dari 7 hari hanya bisa didapat dengan RT PCR, bahkan walaupun sudah sebulan RT PCR masih bisa positif walaupun CTVnya sudah tinggi. Artinya kalau pemeriksaan RT PCR hasilnya bisa cepat diketahui silahkan tapi kalau berdasarkan tracing bisa 5 - 7 hari kecuali yg berbayar, bisa selesai 6 jam. Kalau RDT Antigen, 5 menit hasilnya sudah bisa diketahui. Terima kasih🙏