Penyintas kanker apakah dapat diberikan vaksin di saat masa pengobatan rutinnya - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dokter, izin diskusi.Ada beberapa pertanyaan dari pasien mengenai penyintas kanker dapat divaksin.Pasien terdiagnosa Ca mamae pada tahun 2018 dan...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Penyintas kanker apakah dapat diberikan vaksin di saat masa pengobatan rutinnya

    14 Februari 2021, 14:41

    Alo dokter, izin diskusi.

    Ada beberapa pertanyaan dari pasien mengenai penyintas kanker dapat divaksin.

    Pasien terdiagnosa Ca mamae pada tahun 2018 dan langsung menjalani pengobatan kemoterapi dan mastektomi. Saat ini sedang menjalani pengobatan rutin konsumsi tamofen dan baru berjalan 2tahun, karena tamofen harus dikonsumsi 5tahun.

    Apakah pengobatan rutinnya harus selesai dulu atau tetap boleh vaksin?

15 Februari 2021, 09:45

ALO, dr. Puspita!

PERABOI merekomendasikan agar pasien dengan kanker padat (tumor solid) mendapatkan vaksin COVID-19 selama tidak ada komponen dalam vaksin yang menjadi kontraindikasi. Baik vaksin inaktif, hidup, maupun mRNA dapat diberikan untuk pasien kanker payudara apabila ECOG score ≤ 2, Karnofsky score ≥ 70. Vaksin COVID-19 juga direkomendasikan untuk pasien yang menjalani terapi hormon.

Selain itu, vaksin COVID-19 inaktif juga aman untuk pasien imunosupresan, Dok. Walaupun belum ada studi yang spesifik untuk kondisi ini, tetapi ada banyak pengalaman dari imunisasi lain pada pasien imunosupresan (seperti influenza yang juga direkomendasikan untuk pasien imunosupresan). Apalagi, pasien ini sudah tidak menjalani radioterapi atau kemoterapi lagi kan, Dok? Jadi apabila tidak ada kontraindikasi lain, umumnya aman sih, Dok.

Akan tetapi, baiknya pertimbangan vaksinasi COVID-19 juga dapat dilakukan per individu dan dengan penilaian spesialis terkait.

Berikut saya sertakan link dan file pdf sebagai referensi.

https://www.cdc.gov/vaccines/hcp/acip-recs/general-recs/immunocompetence.html

https://www.hematology.org/covid-19/ash-astct-covid-19-and-vaccines

PERABOI - Panduan pelaksanaan vaksinasi pada penderita tumor solid Feb 21.pdf
18 Februari 2021, 06:01
Alo Dok,
Kalau dari surat edaran Kemkes, boleh divaksin selama tdk sedang dlm masa pengobatan atau sudah dinyatakan sembuh. Namun, dicoba daftar saja dok, nanti silakan menuliskan riwayat penyakit pada saat pendaftaran dan juga akan dilakukan skrining sebelum vaksinasi utk menentukan apakah pasien bisa jadi kandidat penerima vaksin atau tidak.
Surat Edaran Pelaksanaan Vaksinasi COVID-19 pada Kelompok Sasaran Lansia cap(2).pdf