Penghambat reseptor alfa untuk batu saluran kemih - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dokter!Post Alomedika kali ini membahas mengenai penanganan batu saluran...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Penghambat reseptor alfa untuk batu saluran kemih

    12 April 2019, 13:52
    dr. Andre
    dr. Andre
    Dokter Umum

    Alo dokter!

    Post Alomedika kali ini membahas mengenai penanganan batu saluran kemih..

    https://www.alomedika.com/penghambat-reseptor-alfa-untuk-penanganan-batu-saluran-kemih

    Meta analisis pada tahun 2014 menemukan 32 penelitian yang mencakup 5864 partisipan untuk mengetahui manfaat antagonis α-1 dalam pasase batu saluran kemih. Dalam studi tersebut terungkap bahwa penggunaan penghambat reseptor alfa meningkatkan peluang pasase batu ureter dibandingkan dengan terapi standar. Namun, hasil tersebut perlu disikapi dengan cermat sebab terdapat beberapa faktor yang dapat melemahkan hasil studi akibat potensi bias yang cukup serius.

    Pertama, penyamaran ganda (double blinding) hanya ditemukan pada 7 dari 32 studi yang menjadi sampel penelitian sedangkan sisa sampel lainnya tak memiliki strategi penyamaran intervensi pada pasien maupun dokter pemeriksa yang mengumpulkan data dari pasien.

    Kedua, 6 dari 32 sampel penelitian itu menjelaskan metode alokasi dan pengacakan partisipan secara jelas sementara sebagian besar sampel tak melaporkan metode alokasi dan pengacakan partisipan.

    Ketiga, terdapat potensi bias pelaporan yang tinggi khususnya pada 3 studi yang tidak menjelaskan luaran yang dideskripsikan pada bagian metodologi penelitian yang bersangkutan dan 5 studi lainnya yang tidak melaporkan hasil sesuai tujuan penelitian.

    Nah, demikian bahasan Alomedika kali ini. Mungkin ada TS yang bisa ikutan membagi ilmu mengenai penanganan batu saluran kemih, kapan prefer pembedahan, kapan prefer medikamentosa..

12 April 2019, 14:13

selamat siang Dokter Andre, terima kasih untuk artikel yang dibagikan, umumnya ketika menemukan pasien dengan kecurigaan adanya batu saluran kemih untuk anjuran pilihan terapi akan tetap mempertimbangkan kondisi, ukuran dan letak batunya Dokter, jika kondisi nya memang memerlukan terapi sementara diberikan sesuai keluhan yang disampaikan oleh pasiennya Dokter dan dilakukan rujukan ke TS Spesialis Urologi Dokter (karena untuk Dokter umum setahu saya kompetensinya 3A Dokter)

mungkin TS lain boleh sharing pengalaman terkait pemilihan terapi untuk batu saluran kemih ini Dokter  

13 April 2019, 13:11
Terimakasih dok informasi nya 🙏
13 April 2019, 16:52
dr. Afinia Permanasari, Sp.KJ
dr. Afinia Permanasari, Sp.KJ
Dokter Specialis Psikiater
terimakasih dok informasinya 🙏
13 April 2019, 20:37
Terima kasih dokter informasinya
17 April 2019, 23:12
dr.Sylvia
dr.Sylvia
Dokter Umum
Terimakasih dok sharingnya🙏