Penggunaan Orlistat pada Orang dengan IMT yang normal - Gizi Klinik Ask the Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dr. Lily Indriani Octavia, MT, M.Gizi, Sp.GK. izin bertanya dokter.Apakah orlistat dapat digunakan pada pasien wanita dengan IMT yang normal, namun...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Penggunaan Orlistat pada Orang dengan IMT yang normal - Gizi Klinik Ask the Expert

    10 Maret 2021, 14:02

    Alo dr. Lily Indriani Octavia, MT, M.Gizi, Sp.GK. izin bertanya dokter.

    Apakah orlistat dapat digunakan pada pasien wanita dengan IMT yang normal, namun memiliki lingkar perut yang besar (110 cm)? Apa saja hal yang perlu diperhatikan sebelum meresepkan Orlistat untuk pasien?

    Terimakasih sebelumnya.

10 Maret 2021, 14:07

Haloooo dr. Nurul, terima kasih ya atas pertanyaannya. Dok, barangkali perlu diklarifikasi lebih lanjut, apakah perut "buncit" tersebut karena akumulasi lemak visceral atau deposisi materi lainnya? Karena, jarang sekali kondisi tersebut terjadi. Apabila dengan pemeriksaan komposisi tubuh mengonfismasi adanya timbunan massa lemak di dalam rongga dalam benar, maka saran pertama adalah modifikasi gaya hidup terlebih dahulu dengan diet dan olahraga, sambil ditelusuri penyebab organik yang mungkin mendasasi atau menyertai keadaan tersebut :)

10 Maret 2021, 14:12
Iya dokter, pasien setelah melahirkan sudah 2 tahun, mengaku merasa kesulitan mengurangi lingkar pinggang meski sudah coba rutin sit up atau membatasi asupan bertepung dan berlemak.
Jadi lebih baik disarankan untuk pemeriksaan lebih lanjut kah dokter?
10 Maret 2021, 14:13

tepat sekali dok, pasien sebaiknya dianjurkan untuk periksa ke dokter, untuk diperiksa lebih lanjut. terima kasih ya

10 Maret 2021, 14:15
Baik dokter, terimakasih banyak infonya ☺🙏