Penggunaan kombinasi antifungal dan kortikosteroid topikal pada dermatomikosis - Diskusi Dokter

general_alomedika

ALO, dr. Fresa!Izin bertanya, Dok. Untuk mengobati dermatomikosis, sering kali agen antifungal dikombinasikan dengan kortikosteroid topikal. Bagaimana...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Penggunaan kombinasi antifungal dan kortikosteroid topikal pada dermatomikosis

    06 Januari 2021, 10:25

    ALO, dr. Fresa!

    Izin bertanya, Dok. Untuk mengobati dermatomikosis, sering kali agen antifungal dikombinasikan dengan kortikosteroid topikal. Bagaimana efikasinya jika dibandingkan dengan monoterapi antifungal? Apakah ada efek sampingnya dari kombinasi kedua agen tersebut, Dok?

06 Januari 2021, 11:11
Alo dr Ciho, terimakasih atas pertanyaannya.
Dalam penanganan kasus dermatomikosis sering diberikan kombinasi kedua agen tersebut dengan pertimbangan meringankan peradangan pada lesi, meredakab gejala dan membantu penetrasi bahan aktif agen antifungal terutama pada area kulit yang tebal misal pada telapak kaki.
Efek samping yang dapat terjadi tetap terkait steroid topikal yaitu pemilihan potensi steroid topikal dan disesuailan area  tubuh dimana mau diaplikasikan.
(Misal di area wajah tentu jika diberikan steroid potensi kuat bisa menyebabkan telangiektasis dan hirsutisme).
Kemudian jangka waktu penggunaan juga harus diperhatikan, sebaiknya tidak lebih dari 2 minggu-1 bulan tergantung kasusnya.  Asal hal-hal tersebut diperhatikan kombinasi agen antifungal dan steroid topikal tergolong aman.
Semoga dapat membantu🙏🏻
06 Januari 2021, 16:21

Terima kasih dr. Fresa untuk penjelasannya 🙏🏻🙏🏻