Penggunaan citicoline dan piracetam pada stroke dan cedera kepala - Saraf Ask the Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo, dr. Ade, Sp.SSaya ingin bertanya, Dok. Selama ini citicoline dan piracetam masih sering diberikan pada pasien stroke maupun pasien cedera kepala....

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Penggunaan citicoline dan piracetam pada stroke dan cedera kepala - Saraf Ask the Expert

    14 Juni 2021, 12:56
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Alo, dr. Ade, Sp.S

    Saya ingin bertanya, Dok. Selama ini citicoline dan piracetam masih sering diberikan pada pasien stroke maupun pasien cedera kepala. Sebenarnya apakah efikasi kedua obat ini untuk stroke maupun cedera kepala sudah terbukti? Dan apakah penggunaannya memiliki efek samping tertentu pada pasien stroke dan cedera kepala? Terima kasih, Dok.

14 Juni 2021, 13:00
dr. Ade Wijaya SpS
dr. Ade Wijaya SpS
Dokter Spesialis Saraf

Alo dr. Anonim

 

Penggunaan neuroprotektor pada kasus stroke dan cedera kepala bersifat kontroversial. Beberapa studi melaporkan bermanfaat dan banyak studi lainnya tidak berhasil membuktikan ada manfaat.

Banyak sejawat yang masih memberikan karena efek sampingnya juga relatif minimal. Namun jika menelaah pada literatur-literatur terbaru, perlu dipertimbangkan lagi apakah masih perlu memberikan neuroprotektor, mengigat harganya juga tidak murah dan manfaatnya belum terbukti. 

 

Contoh

Berdasarkan AHA/ASA Guideline 2018: Level of Evidence III (No Benefit) class A

Agen neuroprotektor termasuk citicoline dinyatakan tidak memberi manfaat atau meningkatkan luaran pada stroke iskemik akut, sehingga pemberiannya tidak direkomendasikan.