Apakah boleh memberikan Cendo Xitrol pada anak usia 2 tahun - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dok, izin bertanya, ada user yang menanyakan mengenai penggunaan Cendo Xitrol pada anak usia 2 tahun, keluhannya mata merah dan belekan.Apakah boleh...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Apakah boleh memberikan Cendo Xitrol pada anak usia 2 tahun

    16 Agustus 2019, 13:33

    Alo dok, izin bertanya, ada user yang menanyakan mengenai penggunaan Cendo Xitrol pada anak usia 2 tahun, keluhannya mata merah dan belekan.


    Apakah boleh memberikan Cendo Xitrol pada anak 2 tahun ? Bila tidak boleh, mengapakah ? 

    Berapa batas usia yang diperbolehkan menggunakannya? 


    Terima kasih

16 Agustus 2019, 14:29
Pada buku saku panduan praktik klinis dokter umum, keluhan mata merah pada anak perlu dipelajari dulu kira kira penyebabnya apa,  apakah itu gejala konjungtivitis bakterial,  konjungtivitis viral,  atau kongjungtivitis alergi,  dimana untuk konjungtivitis bakterial sendiri ditandai dengan sekret purulen dan mukopurulen,  yang disertai terbentuknya pseudomembran pada konjungtiva tarsal. 

Pada kasus tersebut terutama pada anak,  lebih dianjurkan pemberian kloramfenikol tetes mata sambil memantau perkembangannya lagi dalam 3 sampai 7 hari,  jika tidak ada perbaikan,  sebaiknya dirujuk ke dokter mata. 

Terkait pemberian xendo citrol sendiri,  Saya melihat beberapa artikel yang menyatakan pemberian pada anak sebaiknya dihindari, karena keamanan atau efek sampingnya pada anak sendiri belum diketahui secara  ilmiah. 

Mungkin TS dokter mata bisa menambahkan 🙏