Apakah asam traneksamat boleh dikonsumsi bersamaan dengan aspirin pada pasien melasma? - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alodokter. Ada pasien yang bertanya apakah boleh mengonsumsi asam traneksamat dan aspirin bersamaan? Pasien mendapat asam traneksamat dari dokter kulit untuk...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Apakah asam traneksamat boleh dikonsumsi bersamaan dengan aspirin pada pasien melasma?

    29 Maret 2019, 19:30

    Alodokter. Ada pasien yang bertanya apakah boleh mengonsumsi asam traneksamat dan aspirin bersamaan? Pasien mendapat asam traneksamat dari dokter kulit untuk melasma. Namun pasien lupa memberitahu bahwa ia mengonsumsi aspirin. Apakah diperbolehkan Dok sebenarnya konsumsi keduanya bersamaan?

    Terima kasih 🙏

29 Maret 2019, 20:00
dr. David, Sp.B, FINACS
dr. David, Sp.B, FINACS
Dokter Spesialis Bedah
Alo dokter!
Pertama, yg mau saya tanyakan yaitu apakah ada kondisi perdarahan pada pasien tersebut? Mengingat melasma adalah kelainan hiperpigmentasi, dan bukan perdarahan. Dan, kemudian, perlu ditanyakan juga indikasi konsumsi rutin aspirin selama ini.
Perlu diketahui, bahwa asam tranexamat itu merupakan golongan antifibrinolitik, sementara aspirin itu anti agregasi trombosit. Jadi, bisa dilihat jelas perbedaan mekanisme aksi nya, kan. 
Semoga bermanfaat! 
29 Maret 2019, 20:37
Terima kasih infonya Dok 🙏

Pada pasien tidak ada riwayat perdarah, penyakit cardiovascular atau stroke Dok. Namun ada riwayat hipertensi dan type II DM.

Pada beberapa sumber yang saya baca memang tranexamic acid digunakan untuk terapu melasma. Ini salah satunya Dok
https://www.hindawi.com/journals/bmri/2018/1683414/

Untuk indikasi aspirin pada pasien sepertinya untuk primary prevention karena riwayat hipertensi dan dm.

Pada drugs.com "interaksi aspirin dan asam traneksamat no interaction. however, this does not necessarily mean no interactions exist". Sehingga saya ingin memastikan saja Dok menurut pengalaman dokter lainnya bagaimana.

Terima kasih dok 🙏
29 Maret 2019, 20:07
dr. Darrell Fernando, SpOG
dr. Darrell Fernando, SpOG
Dokter Spesialis Kandungan
Alodoc!

As. mefenamat dan as. tranexamat boleh dikonsumsi bersamaan dan tidak ada interaksi obat. Bisa cek interaksi obat di web terlampir kalau ada obat2 lainnya.

.Drug Interaction Checker
29 Maret 2019, 21:10
dr. Darrell Fernando, SpOG
dr. Darrell Fernando, SpOG
Dokter Spesialis Kandungan
Sori salah cari info. Tapi aspirin dan as tranex sama2 tidak ada interaksi juga :)
29 Maret 2019, 21:31
Terima kasih Dok 😊 sharing web nya sangat membantu 😊
30 Maret 2019, 01:32
terimakasih sharing web nya dok sangat membantu 🙏
01 April 2019, 10:54
Terimakasih sharing webnya dok! 
29 Maret 2019, 21:12
Menarik diskusinya,
Terakhir yang saya baca, itu memang ada penelitian mengunakan asam traneksamat pada melasma, namun dalam sediaan serum, bukan dalam tablet oral, hasilnya cukup signifikan. 
Kalau dalam bentuk oral (dikonsumsi) saya belum pernah baca
29 Maret 2019, 21:35
Iya Dok. Pasien mendapat resep dari dokter kulit. Melasma pada pasien sudah pernah diobati dengan topikal dan laser beberapa kali tapi belum signifikan. Sehingga dokter sp.kk memberikan tranexamic acid oral untuk mengatasi melasma. 
Yang saya baca juga belum banyak penelitian mengenai pemberian oral tranexamic acid terhadap melasma. Ini salah satu sumber yang saya dapat Dok
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/m/pubmed/29677015/

Terima kasih Dok 🙏
02 April 2019, 01:56
dr. Immaculata A.W SpN
dr. Immaculata A.W SpN
Dokter Spesialis Saraf
Alo dok 
Saya mencoba menjawab pertanyaan. 
Hmmm pada dasarnya mekanisme pembekuan darah itu kompleks.
Apalagi didunia kedokteran ada bebrapa hal yang memang harus dipertimbangkan dalam pemberian obat? Keadaan mana yang lebih cito untuk penanganannya. Jangan hanya karna A, lalu tidak boleh ditambah B dan sebaliknya, maka itulah gunanya rawat bersama. 
Balik ke kasus ini.. aspilet sblmnya digunakan untuk terapi apa? Apakah stroke? Jantung? Atau kelainan pembuluh darah lainnya?
Aspilet pada dasarnya merupakan antiplatelet yang berfungsi untuk memotong jalur pembentukan tromboxan A2 yang nantinya berperan dalam agregasi trombosit. Saya lampirkan alurnya ( pada gambar 1dan 2). 
Nah asam tranexamat berfungsi untuk menghambat pembentukan fibrin.
Memang tidak saling mempengaruhi 1 sama lain tapi memang pembentukan clot terganggu bila bersamaan begitu juga penghambatan pembentukan clot juga terganggu. 
Namun pada melasma, tujuan as tranexamat (TXA) adalah menurunkan produksi melanin dgn phambatan jalur plaminogen (gambar3) maka mgkn tidak akan berpengaruh dengan pemberian aspilet tapi sebaliknya akan berpengaruh pada penyakit lainnya yang sedang diterapi dengan aspilet. So menurut saya, sebagai dokter lihat mana yang gawat saat ini.. stroke nya atau melasma? Bila melasma tdk berat dan ada pilihan trapi lainnya sebaiknya stop terapi asam tranexamat.  Bila benar2 urgent harus menggunakan asam tranexamat dan pasien dgn melasma berat dan mengganggu sehari2 pasien maka berikan juga obat lain untuk menurunkan agregasi platelet seperti Clopidogrel, dll.  (Jurnal terlampir).
indianjdrugsdermatol3261_5316344_144603.pdf