Penataksanaan GO disertai Orchitis - Urologi Ask the Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dr. Dian Sp.U, izin bertanya dokter. Ada seorang pasien didiagnosis dengan GO disertai tanda tanda Orchitis. Pasien tersebut sebelumnya beberapa bulan...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Penataksanaan GO disertai Orchitis - Urologi Ask the Expert

    14 April 2022, 14:06

    Alo dr. Dian Sp.U, izin bertanya dokter. Ada seorang pasien didiagnosis dengan GO disertai tanda tanda Orchitis. Pasien tersebut sebelumnya beberapa bulan lalu sudah pernah diterapi dengan injeksi. Namun, saat ini kambuh kembali keluhannya dan disertai orchitis. 

     

    Untuk Penatalaksanaannya saya lihat dari teman sejawat memberikan terapi Cefixime 1gr dosis tunggal (meminum 10 kapsul cefixime 100 mg sekaligus) dan Doxycycline 100 mg, 2 kali/hari. Yang ingin saya tanyakan Dokter, dari sumber yang saya ketahui biasanya diberikan untuk cefixime dosis tunggal 400mg. Untuk sejawat yang memberikan 1gr tersebut apakah dikarenakan adanya tanda orchitis Dokter? atau karena keluhan pasien tersebut sudah berulang? Karena sulit mengedukasi pasien untuk langsung meminum obat 10 tablet sekaligus. 

     

    Terima kasih dokter 

14 April 2022, 14:33
dr. Dian Kurniasari, Sp.U
dr. Dian Kurniasari, Sp.U
Dokter Spesialis Urologi

ALODOKTER

 

    • Pengobatan Gonore dipersulit oleh kemampuan N. gonorrhoeae untuk mengembangkan resistensi terhadap antimikroba. Sefiksim 400 mg telah banyak digunakan sebagai dosis tunggal pengobatan oral untuk gonore, namun beberapa laporan pengobatan terbaru menunjukkan kegagalan sefiksim 400 mg sebagai pengobatan dosis tunggal. Oleh sebab itu pedoman pengobatan terbaru yang diberikan oleh CDC merekomendasikan Ceftriaxon 250 mg intramuskular dosis tunggal dan Azitromisin 1gr oral dosis tunggal untuk pengobatan infeksi gonokok tanpa komplikasi. Cefixime hanyalah sebuah alternatif pilihan jika pemberian injeksi intramuskular tidak mungkin atau ditolak oleh pasien (CDC, 2015; Bignell & Unemo, 2012).