Penanganan OMI (Old Miokard Infark) - Jantung Ask the Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dr. Roy Christian Sp.JP (K), izin bertanya lagi dokter.Di beberapa guidline untuk pasien infark miokard lama dengan gambaran ekg Q wave patologis khas...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Penanganan OMI (Old Miokard Infark) - Jantung Ask the Expert

    07 Mei 2021, 13:51

    Alo dr. Roy Christian Sp.JP (K), izin bertanya lagi dokter.

    Di beberapa guidline untuk pasien infark miokard lama dengan gambaran ekg Q wave patologis khas atau T inverted, hanya diberikan terapi suportif dan pencegahan saja, apakah tetap sama dengan terapi recent infark acs pada umumnya dengan isdn dan aspilet ataukah ada tatalaksana khusus pada pasien ini terutama untuk lansia dok?

    BTK dok.

07 Mei 2021, 16:04
Alo Dokter
Terima kasih telah memasukkan pertanyaan di Ask the Expert Alomedika. Saat ini dr. Roy sedang menangani perihal lain yang urgent. Beliau akan kembali ke forum nanti untuk menjawab pertanyaan ini. Terima kasih, Dok.
08 Mei 2021, 06:48
dr. Roy Christian
dr. Roy Christian
Dokter Spesialis Jantung

Terima kasih dr. Adi,

Pada semua tahapan klinis penyakit jantung koroner baik ACS (STEMI, NSTEMI dan Unstable Angina Pectoris), recent infarct, stable angina pectoris atau chronic coronary syndrome, pemberian obat anti agregrasi platelete merupakan hal yang sangat penting (kecuali ada kontraindikasi) karena akan menurunkan resiko terjadinya infark atau reinfark secara bermakna akibat proses aterotrombosis yang dipicu oleh disrupsi plak aterosklerosis. Kemudian pemberian golongan statin pada penyakit jantung koroner bukan hanya untuk menurunkan kadar kolesterol saja tapi juga untuk stabilisasi plak atau pleiotropic effects. Bila ada tanda iskemia miokard maka perlu diberikan obat antiiskemia seperti nitrat (isdn, mononitrate, trinitrate), beta bloker, dsb. Obat-obat lain diberikan sesuai indikasi yang ada, misalnya ACE inhibitor atau ARB bila ada gangguan fungsi LV, diuretik bila ada dekompensasi jantung, dsb.

08 Mei 2021, 09:46
Terimakasih dokter 🙏
08 Mei 2021, 07:18
dr.Surya Marthias, SpJP, FIHA
dr.Surya Marthias, SpJP, FIHA
Dokter Spesialis Jantung
izin menambahkan dok. Untuk infark terutama infark lama anterior merupakan indikasi diberikan ace-i, kemudian ace juga bisa diberikan pada gagal jantung maupun LV dysfuction meski asimptomatik apalagi jika disertai diabetes. Pada dasarnya terapi infark adalah terapi terhadap pencegahan iskemia pasca infark dan terapi terhadap diafungsi ventrikelnya. Kalau recent ACS lebih fokus pada dual antiplatelet atau fokus pada antitrombotiknya, obat lainnya sesuai indikasi.
08 Mei 2021, 09:47
Terimakasih dokter 🙏, sangat bermanfaat.