Penanganan vertigo pada pasien wanita usia 37 tahun dengan keluhan kepala terasa berputar sejak 1 minggu yang lalu - Diskusi Dokter

general_alomedika

TS sekalian, mohon advice penanganan seorang wanita 37 thn dgn keluhan rasa berputar yg dirasakan krg lebih seminggu, hal ini terutama dikeluhkan disaat...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Penanganan vertigo pada pasien wanita usia 37 tahun dengan keluhan kepala terasa berputar sejak 1 minggu yang lalu

    26 Juli 2020, 19:32

    TS sekalian, mohon advice penanganan seorang wanita 37 thn dgn keluhan rasa berputar yg dirasakan krg lebih seminggu, hal ini terutama dikeluhkan disaat posisi sujud dlm sholat dan di saat tidur miring ke kiri atau ke kanan.jd OSI merasa hanya nyaman di posisi terlentang.kadang muncul sakit kepala. Tidak ada kelainan yg lain spt telinga berdengung, tdk ada mual muntah.Jarang terjadi sebelumnya dgn kasus vertigo yg lama, Ada riw. GERD , riw.kurang tidur., riw. Sering migrain jika terkena AC yg lama atau terik matahari.(pernah berobat ke spesialis Saraf dan THT)OSI sdh mengkonsumsi obat Mertigo, asam mefenamat dan vitamin., namun sampai sekarang keluhan masih dirasakan.terima kasih sebelumnya buat TS semua

26 Juli 2020, 19:57

Alo Dokter, selamat malam, izin ikut berdiskusi ya Dok,

 

Bila dilihat dari kasus diatas, untuk obat yang dikonsumsi sudah sesuai ya dok, untuk terapi vertigo umumnya memang diberikan betahistine, namun dari hasil penelitian, pada kasus vertigo yang disertai dengan migrain bisa ditambahkan terapi lainnya seperti flunarizine. Tatalaksana kasus vertigo sendiri sebenarnya tergantung dari penyebab vertigo yang dialami oleh pasien, sehingga perlu diberikan juga edukasi kepada pasien untuk memeriksakan diri ke dokter untuk evaluasi lebih lanjut dan yang terutama untuk menghindari faktor pencetus/ pemicu timbulnya keluhan pada pasien. Terimakasih Dok.

 

Izin turut menyimak ya Dok,

 

 

https://www.longdom.org/open-access/current-views-on-treatment-of-vertigo-and-dizziness-2168-9784.1000150.pdf

26 Juli 2020, 20:06
Terima kasih banyak dok
26 Juli 2020, 20:04
izon berpendapat dokter, kalau keluhan hilang timbul dan timbul ketika perubahan kepala, paling sering disebabkan oleh BPPV, maksimalkan betahistine, bisa ditambahkan flunarizine atau diazepam, sebagai vestibulosupresan.. sambil di gali ada tidak faktor resiko vaskuler seperti hipertensi atau DM.
26 Juli 2020, 20:06
Terima kasih dok.tambahan informasi tidak ada riwayat HT dan DM, bahkan osi hipotensi dan anemia.tks dok
26 Juli 2020, 20:04
Terima kasih banyak dok, izin menambahkan keluhan OSI rasakan awalnya saat sementara tertidur lalu terbangun dengan keadaan masih masih posisi terlentang tiba tiba rasa tembok berputar akhirnya osi belum sempat duduk.saat ini osi masih belum bisa ke RS krn masih ketakutan dengan pandemi ,mengingat Osi tinggal di zona red.apakah faktor kurang tidur dan stress berat bisa menjadi pemicu timbulnya vertigo tersebut.tks.
26 Juli 2020, 20:10
26 Juli 2020, 20:04
izon berpendapat dokter, kalau keluhan hilang timbul dan timbul ketika perubahan kepala, paling sering disebabkan oleh BPPV, maksimalkan betahistine, bisa ditambahkan flunarizine atau diazepam, sebagai vestibulosupresan.. sambil di gali ada tidak faktor resiko vaskuler seperti hipertensi atau DM.
Apakah faktor kurang tidur dan stress berat bisa menjadi pemicu muncul vertigo?.terima kasih dok🙏
26 Juli 2020, 20:17
kalau memang pasirn tsb vertigo tipe perifer, sebenarnya faktor resiko yg menyebabkan adalah pergerakan otolit di bagian telingga dalam. Bukan karena pasien kecapean atau kurang tidur 
26 Juli 2020, 20:21
Iya dok, sy lebih cenderung ke sini vertigo perifer yg kemungkinan ada gangguan telinga bagian dalam meskipun dikatakan tidak ada riwayat gangguan telinga.untuk kasus yg dicurigai penyebab telinga dalam apakah ada obat yg bisa kami berikan, mengingat osi masih belum mau ke RS krn psikis thd kasus pandemi didaerahnya semakin meningkat.tks TS
26 Juli 2020, 20:23
dokter harus lebih explor pasien tsb...vertigo dibagi 2, yaitu tipe sentral dan perifer....dimana gejala tipe perifer lebih berat disertai mual muntah...sedangkan tipe sentral gejala lebih ringan seperti melayang dan tentunya kemungkinan terdapat defisit yg lain seperti ggg koordinasi..
terapi BPPV sebenarnya ada manuver, yaitu mengembalikan posisi otolit yg salah tempat. namun biasanya pasien tdk kuat, sehingga diberikan obat2 untuk mengurahi keluhan tsbbaru melakuan rehabilitasi vestibular.
26 Juli 2020, 20:25
Tks dok atas diskusi dan masukannya.🙏
27 Juli 2020, 02:32
bisa jadi itu vertigo sentral Dok.. kalau dilihat obat yang diminum  sudah benar spt itu, mungkin perlu tambahan spt flunarizin atau bahkan steroid sesuai hasil pemeriksaan penunjangnya nanti.. saran, px melakukan CT scan / MRI untuk dicari penyebab vertigonya Dok... btk
27 Juli 2020, 20:12
dr. Ade Wijaya SpS
dr. Ade Wijaya SpS
Dokter Spesialis Saraf

Alodokter.

Membaca ilustrasi kasusnya, diagnosis yang masih mungkin antara lain: 

1. Vertigo non vestibular pada riwayat vertigo vestibular perifer. 

perlu digali lagi, apakah benar vertigonya selalu vestibular, karena seringkali vertigo vestibular perifer seperti BPPV diikuti oleh vertigo non vestibular. Karena BBPV sendiri durasinya singkat. 

 

2. Acute unilateral vestibulopathy seperti neuritis vestibularis.

Pada kasus ini, keluhan vertigo vestibular perifer dengan durasi yang lebih lama dan biasanya disertai flu-like symptoms. Pada kasus ini pemberian steroid dapat bermanfaat. 

 

3. Vestibular migraine

Keluhan vertigo yang berulang disertai nyeri kepala migraine. Pada kasus ini pengobatan seperti pengobatan migraine.

 

4. Tidak menutup adanya kemungkinan vertigo sentral. 

Jadi saya rasa perlu dibuat imaging untuk memastikan tidak adanya kelainan intrakranial. 

 

Untuk terapi yang sudah diberikan bisa dievaluasi lagi apakah dosis betahistin sudah adekuat? dosis yang dianjurkan adalah 2 x 24 mg dan lakukan pula manuver epley / semont plus pada kasus BPPV disertai vestibular exercise. 

28 Juli 2020, 07:30
Baik dok, terima kasih atas diskusi dan terapinya.salam sejawat