Pemberian Vaksinasi COVID-19 pada Kriteria Tertentu - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alodok, izin bertanya mengenai screening sebelum vaksinasi COVID.1. Di salah satu poin ada pertanyaan apakah sasaran menerima produk darah/transfusi....

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pemberian Vaksinasi COVID-19 pada Kriteria Tertentu

    04 Februari 2021, 06:15
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Alodok, izin bertanya mengenai screening sebelum vaksinasi COVID.

    1. Di salah satu poin ada pertanyaan apakah sasaran menerima produk darah/transfusi. Penjelasannya bagaimana ya dok? Apakah yang dimaksud dalam 4 minggu terakhir?

    2. Bolehkah pemberian vaksin pada sasaran perempuan yang berencana hamil?

    3. Bagaimana jika sasaran baru saja mendapat imunisasi lain dalam satu bulan terakhir?

    4. Untuk kriteria DM terkontrol dengan hba1c 7,5% apakah di puskesmas dapat digantikan dengan cek stick GDS?

    Terima kasih

04 Februari 2021, 08:49

Alo dokter, 
Saya izin membantu jawab, sekaligus kita berdiskusi ya, dok. PAPDI sudah menyusun Teknis Pelaksanaan Vaksin COVID dan Antisipasi KIPI. Berdasarkan apa yang saya baca pada panduan tersebut: 

1. Pada pedoman yang telah disusun PAPDI, apabila calon penerima vaksin menerima transfusi darah maka vaksin sinovac tidak dapat diberikan. 

2. Sejauh ini wanita hamil, menyusui, atau yang berencana hamil selama periode vaksinasi, masih menjadi kriteria ekslusi pemberian vaksin sinovac.

3. Pemberian vaksin sinovac (yang saat ini tersedia di Indonesia), hendaknya tidak bersamaan dengan vaksin lain atau jeda kurang dari 28 hari. Karena sinovac adalah vaksin baru, sehingga akan sulit untuk mengamati KIPI nya jika diberikan di waktu bersamaan atau kurang dari 28 hari. 

 

4. Berdasarkan panduan vaksinasi COVID 19 yang disusun oleh PAPDI, kriteria screening pasien DM yang hendak diberikan vaksin adalah jika HbA1C nya terkontrol dengan nilai dibawah 7,5%, dok. Jaidi belum diinformasikan apakah dapat digantikan dengan item pemeriksaan lainnya.