Pemberian obat penurunan demam pada anak - Anak Ask The Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

ALO dr. Mulya Rahma, Sp.A(K),M.Sc. Ijin bertanya dok, apakah demam pada anak harus selalu diberikan obat penurun demam jika anak masih aktif dan tidak...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pemberian obat penurunan demam pada anak - Anak Ask The Expert

    30 September 2021, 14:59

    ALO dr. Mulya Rahma, Sp.A(K),M.Sc. Ijin bertanya dok, apakah demam pada anak harus selalu diberikan obat penurun demam jika anak masih aktif dan tidak didapatkan tanda dehidrasi dok? Apakah orang tua juga harus selalu sedia obat penurun demam di rumah ya dok? Mengingat pemberian obat demam yang bebas dijual hanya menggunakan dosis sesuai umur anak. Kemudian apakah ada batasan maksimal berapa hari dalam konsumsi obat penurun demam pada anak ya dok? Terima kasih dokter. 

30 September 2021, 15:17

Anak demam namun masih aktif dan mau bermain tidak perlu diberikan obat antipiretik, namun beri minum sesering mungki agar tidak dehidrasi dan dibantu kompres hangat di lipat aksila dan lipat inguinal.

Untuk ortu yang memiliki bayi dan balita, anjurkan untuk selalu sedia parasetamol untuk keadaan darurat   terjadi demam tengah malam/ dini hari mengingat suami dapat bertugas ke luar kota dan ibu sendirian yang dirumah jadi panik dan repot untuk mencari apotik yang buka tengan malam. Ibarat sedia payung sebelum hujan.

Dosis yang tercantum di bungkus obat berdasarkan umur sebenarnya kurang tepat, seharusnya dosis anak yang benar mengikuti brp mg/kgBB. Batasan penggunaan obat antipiretik, jika anak masih demam lebih dari  2-3  hari, sarankan untuk berobat ke klinik, puskesmas atau RS agar diperiksa oleh dokter dan dicari penyebabnya.

30 September 2021, 15:22
Terima kasih atas penjelasannya dokter, sangat membantu dalam memberikan KIE untuk orang tua pasien dok 🙏🏻