Pemanjangan Interval Vaksin COVID-19 Dapat Meningkatkan Efikasi Vaksin - Artikel Alomedika - Diskusi Dokter

general_alomedika

ALO, Dokter!Pemanjangan interval antara dua dosis vaksin COVID-19 masih menjadi topik yang kontroversial. Terdapat pertimbangan dan kekhawatiran bahwa akan...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pemanjangan Interval Vaksin COVID-19 Dapat Meningkatkan Efikasi Vaksin - Artikel Alomedika

    08 November 2021, 14:06

    ALO, Dokter!

    Pemanjangan interval antara dua dosis vaksin COVID-19 masih menjadi topik yang kontroversial. Terdapat pertimbangan dan kekhawatiran bahwa akan terjadi penurunan imunogenisitas dan efektivitas vaksin bila jarak vaksinasi lebih panjang daripada yang dianjurkan. 

    Studi yang mempelajari vaksin COVID-19 AstraZeneca menunjukkan bahwa efikasi vaksin lebih tinggi pada pemberian dosis kedua dalam interval 12 minggu atau lebih, bila dibandingkan dengan interval jurang dari 6 minggu.

    Temuan tersebut menjadi dasar pertimbangan bahwa diperpanjangnya interval antara dosis pertama dan dosis kedua vaksin COVID-19 dapat meningkatkan efikasi vaksind an imunitas yang diinduksi.

    Berkaitan dengan vaksin COVID-19 Pfizer, Inggris telah mengubah pedoman pemberiannya, yang semula dianjurkan berjarak 3 minggu, kini menjadi 12 minggu. Perubahan ini dilakukan setelah terdapat data dari uji klinis fase 3 yang menunjukkan efikasi lebih tinggi yang dihasilkan oleh interval yang lebih panjang.

    Beberapa studi pada vaksin sejenis, yakni vaksin COVID-19 Pfizer dan AstraZeneca, maupun vaksin jenis lainnya, yaitu vaksin COVID-19 Moderna juga turut menyajikan hasil yang sejalan. Efek samping yang dihasilkan dari pemanjangan interval juga dilaporkan hampir serupa dengan interval standar.

    Yuk, baca selengkapnya di artikel Alomedika berikut ini:

    https://www.alomedika.com/pemanjangan-interval-vaksin-covid-19-dapat-meningkatkan-efikasi-vaksin

    Jadi Dokter Andal Dalam Genggaman. Salam Alomedika!

08 November 2021, 14:09

terimakasih dokter