Kasus pasien stroke hemoragik post operasi histerektomi dengan bilateral salphingo oovorektomi - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dok, saya akan sharing kasus saya dan ingin bertanya, jadi ini ada pasien perempuan usia 38 tahun P0A0 masuk dengan riwayat perdarahan terus menerus...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Kasus pasien stroke hemoragik post operasi histerektomi dengan bilateral salphingo oovorektomi

    26 November 2018, 22:47

    Alo dok, saya akan sharing kasus saya dan ingin bertanya, jadi ini ada pasien perempuan usia 38 tahun P0A0 masuk dengan riwayat perdarahan terus menerus dengan myoma uteri dan anemia lalu dilakukan operasi Total abdominal histerektomi dengan bilateral salphingo oovorektomi, setelah dilakukan operasi dengan GA, 5 jam post op pasien mendadak mengeluh kelemahan dan kaku pd ekstremitas kanan, dan penurunan kesadaran dan pasien berbicara melantur. saat diperiksa gcs pasien E3V3M6, Motorik 0/0/5/5, RF +4/+4/+2/+2 RP +/+/-/-, tonus meningkat /meningkat /normal/normal EKG normal

    CT scan ada ICH, IVH, SAH dg hasil terlampir

    apakah TS ada yg pernah alami kasus serupa? apakah kemungkinan penyebabnya? krn pasien tdk memiliki faktor risiko seperti dislipidemia, hipertensi atau diabetes.

27 November 2018, 06:56

Alo dokter!

Saya belum pernah sih bertemu pasien pasca histerektomi yang sampai mengalami stroke seperti pada pasien dokter.

Tadi setelah saya skrining jurnal, sepertinya hasilnya masih berbeda beda, ada yang mengatakan bahwa memang BSO-histerektomi bisa meningkatkan risiko stroke (10.1097/AOG.0b013e3181a11c64Tapi ada juga yang mengatakan tidak meningkatkan risiko stroke (https://doi.org/10.1016/j.maturitas.2018.08.008)cmiiw

Pada pasien ini, sebelum operasi, apakah memang tidak ada riwayat gangguan pembekuan darah dok??

27 November 2018, 08:01
Alo dok, terima kasih sdh merespon, utk riwayat pembekuan darah sebelumnya tdk diketahui dok, cm ini pasien di TAH akibat perdarahan masif dari rahim akibat myoma uteri nya dok, masuk rumah sakit HB sudah 2, dan sdh ditransfusi beberapa kantong sampai HB 11 dan akhirnya ditransfusi. Menurut dokter saraf yg memeriksa kemungkinan pasien mengalami AVM dok, krn jg tdk ada faktor risiko stroke sama sekali. Yang ingin saya tanyakan, bagaimana mengetahui pasien tsb stroke akibat operasinya atau krn AVM nya ya dok, krn utk mengetahui apakah seseorang punya AVM saja setahu saya sulit karena bisa terjadi pd siapapun.
27 November 2018, 09:35

Kalo sudah jadi stroke hemorrhagic begini sepertinya susah juga sih dok untuk tau secara pastinya.. Paling kalo ditatalaksana operatif, nanti bisa dilihat intra operatif.

Kalo AVM yang secara umum saja, bisa dideteksi pake cerebral arteriography atau MRA. cmiiw.

27 November 2018, 09:54
Halo dok, AVM seringkali gejala klinisnya tidak khas. Namun sy seringkali menemui kasus AVM kebanyakan pada usia muda. Seringkali kita terkecoh, pasien dtg dgn nyeri kepala hebat bisa dgn disertai dgn defisit neurologis atau tanpa disertai dengan defisit neurologs. Kadang pasien dtg jg dgn kelemahan ekstremitas dgn onset mendadak kesannya seperti Stroke tetapi setelah dilakukan tindakan pencitraan seperti brain ct scan/DSA dll ternyata AVM. Kadang jg dijumpai pasien dgn keluhan ptosis jg. Memang tidak khas dok sehingga butuh anamnesis yg kuat dan bila keluhan ini sering timbul dan tidak ada perbaikan sebaiknya dilakukan pemeriksaan lbh lanjut misalnya dgn DSA tentunya dgn pertimbangan tertentu.  Misalnya sudah tegak diagnosisnya adalah AVM dapat dilakukan tindakan embolisasi dok. 

Terima kasih.  
27 November 2018, 20:29
dr. Immaculata A.W SpN
dr. Immaculata A.W SpN
Dokter Spesialis Saraf
selamat malam.
saya coba share berdasarkan pengalaman dan keilmuan ya dok.
pasien avm terkadang tdk diketahui gejalanya namun sering ditemukan pada pasien dengan sering migrain (migrain kronik) yang sekalinya migrain vas nya sering tinggi dan lama, kadang disertai muntah dan kejang.
mgkn ada baiknya bila migrain kronik yang sudah diberi profilaksis tidak perbaikan, sebaiknya pikirkan untuk dilakukan CTA atau MRA. setidaknya untuk mengetahui ada atau tdknya stenosis atau kelainan spt AVM.
gejala avm paling sulit dideteksi pada anak kecil yang mgkn hanya bisa dilihat dr aktivitas sehari2, dimana pasien sering pingsan atau nyeri kepala atau kejang. mgkn hrs dicurigai ada sesuatu dikepalanya. tp gejala ini tdk sll muncul sehingga pasien sering diketahui memiliki avm saat ruptur avm.
terimakasih