Pasien pria dengan keluhan demam sejak satu minggu yang lalu - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dokter. Izin konsul terkait dengan pasien saya 32 tahun dengan keluhan malaise dengan riwayat demam satu minggu yang lalu.Onset demam satu minggu yll,...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pasien pria dengan keluhan demam sejak satu minggu yang lalu

    22 Januari 2022, 15:36
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Alo dokter. Izin konsul terkait dengan pasien saya 32 tahun dengan keluhan malaise dengan riwayat demam satu minggu yang lalu.


    Onset demam satu minggu yll, demam menggigil di malam hari, sakit kepala, sakit tenggorokan, dan sakit otot seluruh badan. Demam muncul setelah os pulang dari traveling ke Raja Ampat selama 1 minggu. Os langsung konsumsi Paracetamol 3x1gram dan Amoxicillin 3x500gram untuk 5 hari. H-2 setelah demam, muncul papul eritem multipel pada kedua telapak tangan dan kaki, gatal minimal namun nyeri. H-3 sampai H-6 keluhan membaik. H-7 os datang kembali karena mulai terjadi perburukan keluhan seperti nyeri tenggorokan dan nyeri tekan pada leher (os mengaku melihat ada tampakan putih2 pada tenggorokan tapi sudah hilang), lemas, dan nyeri seluruh badan, namun lesi kulit sudah membaik. Os berkata 4 orang teman travelingnya juga mengeluh hal yg sama namun sudah membaik semua. Paracetamol masih rutin dikonsumsi namun tidak terdapat perbaikan. Keluhan lain seperti mual/muntah, diare, batuk pilek, gangguan BAK/BAB disangkal.


    Px fisik:
    Nyeri tekan simetris pada colli superior, namun limfonodi tidak teraba. Faring hiperemis (-). Pemeriksaan fisik lainnya dalam batas normal.


    Px penunjang:
    H1 demam:
    PCR covid-19 negatif. 


    H3 demam (datang ke klinik):
    Darah rutin normal, trombosit normal.
    Malaria negatif.
    Anti-HIV negatif (atas permintaan os).


    Os sudah saya sarankan untuk mencukupi hidrasi dan nutrisi, mengganti analgesik dengan OAINS, dan memberikan tablet hisap antiseptik. 


    Ada saran lain untuk pemeriksaan yang perlu dilakukan untuk menegakkan diagnosis maupun tatalaksana tambahan yang perlu diberikan? Mohon asupannya dokter terima kasih.

22 Januari 2022, 17:18
Dx:gastritis
22 Januari 2022, 18:15
Izin ikut berdiskusi dok. Pada pemeriksaan darah rutin tersebut apakah sudah dilakukan pemeriksaan hitung jenis leukosit dok? Mungkin dari hitung jenis leukosit bisa kita menentukan kecurigaan awal mengarah ke viral infection atau bakterial infection.
23 Januari 2022, 13:24
Anonymous
Anonymous
Dokter Umum
Sudah dilakukan dokter, dari hitung leukosit semuanya dalam batas normal dan tidak ada kecenderungan ke arah bakterial/viral
22 Januari 2022, 19:12
dr.Adi irawan
dr.Adi irawan
Dokter Spesialis Penyakit Dalam
Saya perlu penanganan lebih lanjut
22 Januari 2022, 19:14
dr.Adi irawan
dr.Adi irawan
Dokter Spesialis Penyakit Dalam
Ini mirip gejala dbd
22 Januari 2022, 21:04
Untuk IgG dan IgM dengue apakah sudah diperiksa ts ?
23 Januari 2022, 13:25
Anonymous
Anonymous
Dokter Umum
Kebetulan belum dokter. Sekarang sudah hari ke-7 apakah masih perlu ditegakkan dx untuk dengue? Pasien mengeluhkan perburukan gejala, sekarang ditambah nyeri retroorbita. Apakah harus ditambah pemeriksaan lain dan kira2 ada usul DD apa lagi atau tetap diberikan tx simptomatik dokter? Terima kasih
24 Januari 2022, 00:42
Mungkin perlu dilakukan pemeriksaan apus darah tepi lagi dok, berdasarkan panduan berikut, lebih baik dilakukan selama 3x karena pasien pulang dari daerah endemi. Dan juga pemeriksaan igG dan IgM dengue sebagai diagnosis banding 


https://www.alomedika.com/penyakit/penyakit-infeksi/malaria/diagnosis