pilihan antibiotik pada demam tifoid yang mendapat warfarin - Diskusi Dokter

general_alomedika

dok, ijin menanyakan, untuk terapi antibiotik demam tifoid pilihan bagi pasien rutin dengan pengobatan warfarin riwayat PCI 3 tahun yang lalu. Kondisi pasien...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • pilihan antibiotik pada demam tifoid yang mendapat warfarin

    21 Oktober 2018, 19:07

    dok, ijin menanyakan, untuk terapi antibiotik demam tifoid pilihan bagi pasien rutin dengan pengobatan warfarin riwayat PCI 3 tahun yang lalu. Kondisi pasien KUVS dalam batas normal, keluhan hanya demam 1 minggu saja. saya cek kebanyakan antibiotik kok tidak dianjurkan utk pasien dg pengobatan warfarin.

    terima kasih

21 Oktober 2018, 20:59

dr. Wiji Hastuti
Oct 21, 2018 at 19:07 PM

dok, ijin menanyakan, untuk terapi antibiotik demam tifoid pilihan bagi pasien rutin dg pengobatan warfarin riwayat pci 3 tahun yg lalu. Kondisi pasien KUVS dalam batas normal, keluhan hanya demam 1 minggu saja. saya cek kebanyakan antibiotik kok tidak dianjurkan utk pasien dg pengobatan warfarin.

terima kasih

Selamat malam Dok Wiji, tentu pasien dengan demam 1 minggu harus benar2 dipastikan ya Dok apakah memang mangalami Demam Tifoid atau tidak, berikut artikel alomedika untuk Demam Tifoid https://www.alomedika.com/penyakit/penyakit-infeksi/tifoid,
Iya Dok jadi yang saya baca juga memang demikian Dok penggunaan antibiotik pada pasien dengan terapi warfarin akan meningkatkan resiko perdarahan, namun pada link berikut https://www.ncbi.nlm.nih.gov/m/pubmed/23089199/?i=2&from=/24445404/related disebutkan bahwa pada pasien dengan penggunaan warfarin rutin, penggunaan antibiotik memiliki kemungkinan meningkatkan INR, namun selama INR pasien ini dimonitor secara rutin, maka resiko nya dapat dicegah Dok, sehingga ketika menggunakan antibiotik monitor dan pengawasan INR tetap dilakukan agar menghindari resiko perdarahannya ya Dok CMIIW

22 Oktober 2018, 09:45

dr.Merry Dame Cristy Pane
Okt 21, 2018 at 20:59 PM

Selamat malam Dok Wiji, tentu pasien dengan demam 1 minggu harus benar2 dipastikan ya Dok apakah memang mangalami Demam Tifoid atau tidak, berikut artikel alomedika untuk Demam Tifoid https://www.alomedika.com/penyakit/penyakit-infeksi/tifoid,
Iya Dok jadi yang saya baca juga memang demikian Dok penggunaan antibiotik pada pasien dengan terapi warfarin akan meningkatkan resiko perdarahan, namun pada link berikut https://www.ncbi.nlm.nih.gov/m/pubmed/23089199/?i=2&from=/24445404/related disebutkan bahwa pada pasien dengan penggunaan warfarin rutin, penggunaan antibiotik memiliki kemungkinan meningkatkan INR, namun selama INR pasien ini dimonitor secara rutin, maka resiko nya dapat dicegah Dok, sehingga ketika menggunakan antibiotik monitor dan pengawasan INR tetap dilakukan agar menghindari resiko perdarahannya ya Dok CMIIW

terima kasih dok, infonya