Pasien anak dengan observasi febris ec leukositosis - Diskusi Dokter

general_alomedika

ALO Dokter. Saya ada pasien anak dengan keluhan demam 5 hari, mual (-), muntah (-), batuk (-), pilek (-), bab cair (-), makan dan minum masih bisa.BB:...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pasien anak dengan observasi febris ec leukositosis

    06 April 2021, 12:01

    ALO Dokter. Saya ada pasien anak dengan keluhan demam 5 hari, mual (-), muntah (-), batuk (-), pilek (-), bab cair (-), makan dan minum masih bisa.


    BB: 7,8kg

    Suhu: 38,5 derajat C


    Tidak ada tanda2 dehidrasi.


    Leukosit 18.100


    Apakah perlu untuk dirawat inap? Atau masih bisa rawat jalan saja dok?

06 April 2021, 12:17
Alo dokter.
Izin berdiskusi, kalau menurut saya pribadi pasien sudah mengalami infeksi berat dan sebaiknya dirawat inap untuk mendapatkan perawatan yang lebih baik serta menghindari komplikasi seperti kejang demam dll karena dengan keluhan hanya demam, diagnosis bisa sangat bervariasi.
Selain itu jika dirawat, kita bisa melakukan pemeriksaan penunjang lain seperti NS1 atau widal, malaria, elektrolit dsb serta pemeriksaan fisik lebih lengkap seperti pemeriksaan alat kelamin untuk menyingkirkan diagnosis banding phymosis dan infeksi lainnya.
06 April 2021, 12:18
Baik dokter, terimakasih dokter...
06 April 2021, 14:00
Alo dokter, saya izin menambahkan ya dok.
Demam pada anak selain pemeriksaan lab darah lengkap,juga perlu diperiksa urin lengkap dok. Karena ada kemungkinan juga demamnya dari ISK.
06 April 2021, 14:08
Alo dokter, menurut saya selama pasien masih bisa makan dan minum dan tidak ada dehidrasi alangkah lebih baik bila rawat jalan, sehingga menghindari juga infeksi nosokomial. Dengan membekali KIE pada orang tua pasien mengenai penyakit yang kira-kira diderita oleh pasien serta tanda-tanda kegawatan untuk segera dibawa kembali bila terjadi.
06 April 2021, 16:59
ALO Dokter, mohon ijin memberikan komentar ya dok. Indikasi rawat inap sebenarnya lebih tergantung dari penilaian klinis kita. Bukan berdasarkan hasil laboratorium saja. Leukosit 18rb masih bisa rawat jalan bila kondisi klinis anak memungkinkan. Terdapat hal2 lain yang juga menjadi pertimbangan perlu tidaknya anak dirawat inap seperti apakah anak masih mampu makan minum dengan baik, apakah masih mampu minum obat dengan baik, apakah ada anggota keluarga yang mampu melakukan perawatan di rumah, apakah kecemasan orang tua masih terkontrol, atau apakah aksesibilitas ke faskes cukup mudah. Pada kasus ini juga juga perlu dipertimbangkan apakah ada indikasi rawat inap untuk tujuan penelusuran diagnosis, terutama bila dari pemeriksaan fisik dan penunjang yang sudah dilakukan belum bisa mengetahui fokus penyebab demam. Semoga membantu ya dok. 
06 April 2021, 18:14
Baik dokter. Terimakasih banyak dok atas penjelasan serta pencerahannya...