Otitis media akut pada anak - THT Ask The Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dr.Sekti, Sp.THT ijin bertanya dok, pada OMA dengan sekret yang banyak apakah tetap perlu diberikan AB tetes telinga, atau sebaiknya secara po saja,...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Otitis media akut pada anak - THT Ask The Expert

    16 November 2021, 09:19
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Alo dr.Sekti, Sp.THT ijin bertanya dok, pada OMA dengan sekret yang banyak apakah tetap perlu diberikan AB tetes telinga, atau sebaiknya secara po saja, berhubung tidak ada fasilitas utk suction sekretnya. Dan apakah saat ini amox masih menjadi doc AB pada OMA atau ada piihan terbaru lainnya.

    Terimakasih.

16 November 2021, 11:13
dr. Sekti Joko SI SpTHT K
dr. Sekti Joko SI SpTHT K
Dokter Spesialis THT

baik dok terimakasih pertanyaannya..

Jika ada pasien OMA supuratif, maka tindakan awal di klinik  dilakukan ear toilet dgn pemberian cairan H2O2 3% bertujuan utk mematikan bakteri anaerob dan mengangkat sisa kotoran dan cairan. Selanjutnya dilakukan suction sekretnya, jika tidak terdapat mesin suction, bisa dengan menggunakan spuit atau dengan aplikator kapas utk membersihkan sisa sekretnya. Untuk terapinya dengan menggunakan tetes telinga AB topikal golongan quinolon, karena sifat tidak ototoksik. AB topikal masih menjadi pilihan utama pada OMA, karena sensitivitas dan spesifisitasnya lebih baik dari AB sistemik(oral). 

Smoga terbantu