Olahraga untuk Geriatri dengan pengapuran pada lutut dan tumit kaki - Kedokteran Olahraga Ask the Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dr. Putra Rizki, Sp.KO Izin bertanya, Dok, untuk orang usia lanjut yang masih aktif dengan keluhan nyeri kambuh-kambuhan di lutut dan telapak kaki, serta...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Olahraga untuk Geriatri dengan pengapuran pada lutut dan tumit kaki - Kedokteran Olahraga Ask the Expert

    10 September 2021, 14:58

    Alo dr. Putra Rizki, Sp.KO

     Izin bertanya, Dok, untuk orang usia lanjut yang masih aktif dengan keluhan nyeri kambuh-kambuhan di lutut dan telapak kaki, serta dengan gambaran rontgen adanya pengapuran di lutut dan tumit, sebaiknya olahraga apa yang kita sarankan yang aman untuk dilakukan sehari-hari dan berapa lama durasi yang bisa kita anjurkan? Serta bagaimana edukasi yang bisa kita berikan untuk mencegah tingkat kesakitan yang lebih parah, Dok? Terima kasih.

     

10 September 2021, 15:35

Hi dok

Latihan fisik memang merupakan salah satu lini penanganan pasien yang memiliki keluhan pengapuran dilutut dan tumit, jika dilakukan dengan baik-benar dan komit latihan fisik ini sendiri merupakan obat nyeri untuk pasuen.

pendekatan latihan adalag latihan kekuatan otot denag latihan isometrik dan latihan felksibilitas.

latihan kekuatan otot isometrik contohnya adalah wall squat, butt bridge, static lunges dll dilakukan 3-4 kali seminggu dengan durasi masing-masing gerakan secara total 1-2 menit.

untuk fleksibilitas pilih gerakan yang meregangkan otot-otot besar seperti otot quadriceps, hamstring, gastroc. masing-masing gerakan dilakukan dengan tahanan selama 30 detik.

 

terimakasih