Olahraga berbasis Video Game untuk Lansia dengan LBP - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dokter! Kali ini telaah jurnal Alomedika membahas tentang penggunaan video game untuk membantu pasien...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Olahraga berbasis Video Game untuk Lansia dengan LBP

    25 Maret 2019, 15:00
    dr. Andre
    dr. Andre
    Dokter Umum

    Alo dokter! Kali ini telaah jurnal Alomedika membahas tentang penggunaan video game untuk membantu pasien berolahraga.

    https://www.alomedika.com/olahraga-berbasis-video-game-untuk-lansia-dengan-nyeri-punggung-bawah-kronis-telaah-jurnal-alomedika

    Telaah Jurnal Alomedika ini membahas tentang penelitian mengenai video game Wii Fit U untuk membantu pasien lansia dengan nyeri punggung bawah kronis berolahraga. Yang dibandingkan adalah pasien nyeri punggung bawah yang disarankan untuk olahraga ringan menggunakan video game Wii Fit U meliputi fleksibilitas, strengthening, dan aerobik dibandingkan dengan olahraga ringan seperti biasa. Durasi olahraga pada kedua kelompok sama, yaitu selama 60 menit, 3 kali seminggu dengan total 8 minggu.

    Nah, yang menarik adalah terdapat peningkatan pain self-efficacy pada bulan ke-6, serta perbaikan parameter rasa nyeri dan fungsi sesaat setelah intervensi pada lansia yang menggunakan video game Wii Fit U. Selain itu, alat ini juga aman untuk digunakan lho.

    Walau terdapat limitasi penelitian seperti adanya perlakuan yang berbeda antara grup intervensi (Wii Fit U) dan kontrol yang menimbulkan potensi bias, penelitian ini menunjukkan potensi penggunaan video game Wii Fit U sebagai alternatif latihan fisik pada pasien lansia dengan nyeri punggung bawah kronis. Akan tetapi pertimbangkan juga harga untuk membeli console dan video gamenya, serta perlunya tempat yang cukup luas untuk menggunakan alat ini.

    Nah, setelah membaca ulasan telaah jurnal ini, bagaimana pendapat TS? Apakah akan mempertimbangkan penggunaan video game Wii untuk membantu pasien olahraga atau tidak?

25 Maret 2019, 15:11

Wah, seru ya Dok hasil jurnalnya.

Menarik untuk diterapkan di Indonesia, tapi mungkin perlu diawasi oleh anggota keluarga lain ya.

Ditunggu telaah jurnal menarik lainnya

25 Maret 2019, 20:17
Keren ya. Beli Wii ah, tapi buat main sendiri di rumah 😂
25 Maret 2019, 20:54
Menarik
25 Maret 2019, 22:32
Terima kasih dok sharingnya yg sgt menarik.. Fyi, Di luar negeri bahkan sudah menggunakan VR sebagai bagian dari rehabilitasi pasien2 dengan disabilitas, baik utk exercise saja maupun terapi
25 Maret 2019, 22:54
dr. Zuhrotun Ulya, Sp.KJ, M.H
dr. Zuhrotun Ulya, Sp.KJ, M.H
Dokter Specialis Psikiater
Poin utamanya sebenarnya di latihannya y dok, strengthening & aerobik diharapkan membantu selain fleksibilitasnya, VR juga lebih menarik. Kalau kinect sports yg di Xbox360 jg bs dimanfaatkan, meskipun sudah agak "old" dibandingkan games yg baru, masih lumayan dijadikan modalitas terapi.
Dengan catatan : di tempat praktek memang diperkenankan menggunakan alat tersebut.