Obat vertigo yang aman untuk ibu menyusui - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dokter, saya memiliki pasien dengan vertigo, tetapi beliau sedang menyusui. Sudah berobat ke bidan kmdn diberi paracetamol dan sangobion, tetapi tidak...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Obat vertigo yang aman untuk ibu menyusui

    12 April 2022, 15:15
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Alo dokter, saya memiliki pasien dengan vertigo, tetapi beliau sedang menyusui. Sudah berobat ke bidan kmdn diberi paracetamol dan sangobion, tetapi tidak ada perbaikan. Antivertigo apa yang sekiranya aman untuk ibu menyusui? Saya ragu memberikan betahistine dan flunarizine karena belum diketahui efeknya pada ibu menyusui, sedangkan dimenhidrinat bisa diserap ke asi. Mohon pencerahannya dok. Terimakasih

12 April 2022, 15:41

ALO Dok,

Obat utama dalam vertigo perifer adalah betahistine. Namun ada obat lain yang dapat digunakan, seperti metoclopramide, dimenhydrinate, ondansentron.

Untuk betahistine, saya juga belum menemukan informasi tentang efeknya pada breastfeeding. Metoclopramide tidak dianjurkan pada ibu menyusui, ondansentron sendiri dapat diserap ke ASI namun dalam dosis yang rendah. Hanya saja belum ada panduan lebih lanjut mengenai ondansentron pada ibu menyusui.

Dimenhydrinate, betul dapat diserap pada ASI, namun kadarnya dalam ASI rendah. Menurut studi, selama dosis yang dikonsumsi sedikit dan bukan pemakaian rutin, tidak menyebabkan efek samping yang membahayakan. 

Flunarizine, sejauh ini tidak direkomendasikan pada ibu yang menyusui.

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK501867

 Semoga membantu.

21 April 2022, 09:32
Anonymous
Anonymous
Dokter Umum
Baik terimakasih dokter..informasi sangat membantu..
21 April 2022, 10:05
dr. Ade Wijaya SpS
dr. Ade Wijaya SpS
Dokter Spesialis Saraf

Alo dr. Anonymous

 

Mengenai pilihan obat sudah dijelaskan secara lengkap dan baik oleh dr. Gabriella.

Namun, menurut saya sebaiknya dipastikan dahulu penyebab vertigo nya. Apakah suatu BPPV, neuritis vestibularis, Persistent-postural perceptual dizziness, dll. Karena tiap jenis vertigo akan berbeda pengobatannya dan tidak semua jenis vertigo memerlukan vestibulosupresan, terutama pada ibu menyusui. 

Perlu dipertimbangkan pengobatan non medikamentosa seperti menghindari pencetus; canalith repositional therapy atau vestibular training sesuai dengan diagnosisnya.

 

Terima kasih.

22 April 2022, 07:21

terimakasih dr. Ade

30 Mei 2022, 10:54
Anonymous
Anonymous
Dokter Umum
Terimakasih dr. Ade