kemungkinan isi obat puyer pasca imunisasi - Diskusi Dokter

general_alomedika

Dok, jika anak pasca imunisasi diberi obat pulvis oleh bidan apakah sudah pasti itu paracetamol dok? soalnya ibunya menanyakan jarak minum obatnya.

Diskusi Dokter

  • kemungkinan isi obat puyer pasca imunisasi

  • Dok, jika anak pasca imunisasi diberi obat pulvis oleh bidan apakah sudah pasti itu paracetamol dok? soalnya ibunya menanyakan jarak minum obatnya.

      dr.Bedry Qintha
    Moderator
    hai dok!
    berhubung saya bukan dukun, jadi sebetulnya ngga bisa menjawab secara pasti yah isi pulvisnya apaan.. bisa paracetamol, bisa ibuprofen, bisa juga vitamin doang..
    menurut saya info yg dokter kasih jg kurang lengkap. kalo boleh tau, imunisasinya imunisasi apa? semisal imunisasinya yang emang sering bikin demam (misal : DPT ato campak) ya berarti emang obat yg paling mungkin adalah antipiretik.. yang berarti juga, minumnya cuma kalo panas doang. ngga ada berapa jam-berapa jam jaraknya, karna kalo ngga demam ngga usah diminum.
    semisal emang pasien pengen banget anaknya minum obat, sebaiknya diminta tanyakan langsung ke bidan yang memberi. atau bisa diberi advis secara umum aja (misal : PCT bisa diminum kalo demam dengan jarak 8 jam).

    selama saya praktik, jarang sekali memberi obat untuk anak post-imunisasi. paling hanya edukasi aja.
    TS lain mungkin punya perspektif yang lebih komprehensif, monggo.
      aLni
    Anggota

    yang pasti: "belum tentu paracetamol dok" 

    oleh karena itu perlu diedukasi pasiennya untuk menanyakan ke bidan atau petugas kesehatan lain manapun, bila diberi obat tanpa label atau etiket obat.

    jadi sebaiknya konfirmasi ke bidan yg memberikan, apa isi puyer tersebut. selebihnya dokter bisa edukasi mengenai KIPI dan cara mengatasinya, kapan harus ke dokter, dst.

    Semoga bermanfaat :)

    dr.Bedry Qintha
    Jun 01, 2018 at 22:14 PM

    hai dok!
    berhubung saya bukan dukun, jadi sebetulnya ngga bisa menjawab secara pasti yah isi pulvisnya apaan.. bisa paracetamol, bisa ibuprofen, bisa juga vitamin doang..
    menurut saya info yg dokter kasih jg kurang lengkap. kalo boleh tau, imunisasinya imunisasi apa? semisal imunisasinya yang emang sering bikin demam (misal : DPT ato campak) ya berarti emang obat yg paling mungkin adalah antipiretik.. yang berarti juga, minumnya cuma kalo panas doang. ngga ada berapa jam-berapa jam jaraknya, karna kalo ngga demam ngga usah diminum.
    semisal emang pasien pengen banget anaknya minum obat, sebaiknya diminta tanyakan langsung ke bidan yang memberi. atau bisa diberi advis secara umum aja (misal : PCT bisa diminum kalo demam dengan jarak 8 jam).

    selama saya praktik, jarang sekali memberi obat untuk anak post-imunisasi. paling hanya edukasi aja.
    TS lain mungkin punya perspektif yang lebih komprehensif, monggo.

    Oiya, imunisasinya DPT dan lain-lain dok, makasih masukannya.

    aLni
    Jun 01, 2018 at 22:22 PM

    yang pasti: "belum tentu paracetamol dok" 

    oleh karena itu perlu diedukasi pasiennya untuk menanyakan ke bidan atau petugas kesehatan lain manapun, bila diberi obat tanpa label atau etiket obat.


    jadi sebaiknya konfirmasi ke bidan yg memberikan, apa isi puyer tersebut. selebihnya dokter bisa edukasi mengenai KIPI dan cara mengatasinya, kapan harus ke dokter, dst.


    Semoga bermanfaat :)

    Terimakasih dokter Alni 😊