Nutrisi untuk osteoarthritis dan osteoporosis - Gizi Klinik Ask the Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dokter Kurnia, M.Gizi, Sp.GK, apa saja nutrisi untuk pasien osteoarthritis dan osteoporosis?Lalu apa sebaiknya suplemen yang diberikan? Apakah...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Nutrisi untuk osteoarthritis dan osteoporosis - Gizi Klinik Ask the Expert

    22 November 2022, 14:08
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Alo dokter Kurnia, M.Gizi, Sp.GK, apa saja nutrisi untuk pasien osteoarthritis dan osteoporosis?

    Lalu apa sebaiknya suplemen yang diberikan? Apakah glukosaminoglikan, chondroitin sulfat, asam hialuronat berpengaruh terhadap cairan sendi? Berapa lama dan dosisnya berapa sebaiknya dokter?

    Terimakasih dok­čÖĆ

22 November 2022, 16:33

Alodok, terima kasih pertanyaannya

Untuk kondisi OA dan osteoporosis, lakukan dahulu modifikasi gaya hidup untuk mempertahankan BB yang ideal terutama pada kondisi obesitas. Prinsip diet seimbang tetap dijalankan dengan memastikan cukupnya jumlah protein yang masuk, mengutamakan sumber kalsium setidaknya 1000-1200 mg/hari, dan kaya akan vitamin D setidaknya 600-800 IU per hari (namun apabila ditemukan kadar vitamin D lebih rendah pertimbangkan suplementasi)

 

Glukosamin, kondroitin dan asam hialuronat memang diketahui memberikan efek bermanfaat melalui banyak penelitian. Namun, hasil-hasil penelitian tersebut memperlihatkan bukti yang lemah, sehingga belum direkomendasikan pada terapi OA dan osteoporosis. Suplementasi glukosamin dan kondroitin diberikan conditionally pada pasien OA tertentu saja.

 

https://www.rheumatology.org/Portals/0/Files/Osteoarthritis-Guideline-Early-View-2019.pdf

 

semoga membantu