Alergi dingin pada anak apakah dapat dicegah dengan latihan mandi air dingin - THT Ask The Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dr. Rano, Sp. THT,apakah latihan mandi air dingin pada anak bisa bermanfaat untuk mencegah batuk pilek karena alergi pada air dingin?terima kasih...

Diskusi Dokter

08 Juli 2021, 12:53
dr. Rano Aditomo, Sp.THT-KL
dr. Rano Aditomo, Sp.THT-KL
Dokter Spesialis THT

Alodokter, terima kasih atas pertanyaannya.

Di bidang THT-KL dikenal alergen yang paling sering menimbulkan manifestasi klinis adalah alergen inhalan. tentunya adalagi alergen ingestan , kontak, injektan. Alergi cuaca dingin dibidang THT-KL tidak berkaitan atau tidak ada alergi dingin. Hanya saja pasien dengan rinitis alergi, lebih sensitif terhadap cuaca dingin atau sebagai pencetus. dikarenakan udara dingin merangsang sel saraf parasimpatis dan merangsang sekresi dari sel mediator inflamasi.

Dimana tes cukit kulit (Skin Prick Test) sebagai Gold Standart Diagnosis Alergi, tidak ada didalamnya untuk alergi dingin, begitu juga dengan IgE spesifik.

Biasanya yang paling sering diperiksa adalah (inhalan): tungau debu rumah , human dander, kecoa, bulu kucing, bulu anjing, serbuk sari (polen), dll; (ingestan): ikan, ayam, coklat, putih telur, kuning telur, tepung, dll.

Jadi saya tidak merekomendasikan latihan mandi dengan air dingin. lebih menghindari alergennya, dengan tes alergi terlebih dahulu.

08 Juli 2021, 13:08
Untuk kasus seperti ini brti harus dirujuk ke Faskes tingkat lanjut kah dok?
08 Juli 2021, 14:22
dr. Rano Aditomo, Sp.THT-KL
dr. Rano Aditomo, Sp.THT-KL
Dokter Spesialis THT
Jika, dg terapi medikamentosa tdk ada perbaikan atau sdh ada komplikasi atau membutuhkan pemeriksaan lbh lanjut, sebaiknya Iya...
08 Juli 2021, 15:27
Baik, terima kasih dokter..
08 Juli 2021, 17:04
Terimakasih banyak penjelasannya dokter