Post partum depression dengan baby blues syndrome apakah terdapat kriteria yang detil untuk dapat membedakannya - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dr. Soeklola, Sp. KJ.Izin bertanya dokter, bagaimana membedakan gejala dari post partum depression atau baby blues syndrome? Kriteria apa saja yang perlu...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Post partum depression dengan baby blues syndrome apakah terdapat kriteria yang detil untuk dapat membedakannya

    10 Desember 2020, 09:41

    Alo dr. Soeklola, Sp. KJ.

    Izin bertanya dokter, bagaimana membedakan gejala dari post partum depression atau baby blues syndrome? Kriteria apa saja yang perlu diperhatikan untuk membedakan keduanya.

    Terimakasih informasinya dokter.

10 Desember 2020, 10:01
dr. Soeklola SpKJ MSi
dr. Soeklola SpKJ MSi
Dokter Spesialis Kesehatan Jiwa

Alo dr. Nurul,

Beberapa kriteria (termasuk DSM 5) menyebutkan bahwa baby blues biasa dapat menghilang sendiri dalam kurun waktu 1 bulan jika ibu mendapatkan dukungan baik dari keluarga.

Berbeda dengan depresi peripartum (dahulu dibagi menjadi depresi post partum salah satunya), memerlukan penanganan psikoterapi bahkan pengobatan. Pembeda utama biasanya pada beratnya intensitas gejala dan onset gejala. Depresi sendiri biasa sudah mulai nampak dari sejak masa kehamilan, sementara baby blues lebih nampak setelah proses kelahiran (lebih sering disebabkan si ibu merasa tidak kompeten menjadi seorang ibu).

Intensitas dari depresi akan ada gangguan aktivitas fisik harian, gangguan relasi dan gangguan aktivitas lainnya (disertai dengan penurunan mood, penurunan minat dan anergi). Tidak jarang kasus depresi disertai dengan pikiran akan kematian, gangguan kognitif, perlambatan gerak, dan kriteria lain dari depresi.

Semoga membantu

10 Desember 2020, 10:23
Terimakasih atas informasinya dokter.
11 Desember 2020, 11:33
dr. Soeklola SpKJ MSi
dr. Soeklola SpKJ MSi
Dokter Spesialis Kesehatan Jiwa

Sama-sama.. Semoga membantu