Manajemen Nyeri Prosedural Anak - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo TS! Nyeri prosedural ini merupakan salah satu hal yang paling ditakuti oleh pasien anak. Yuk pelajari bagaimana cara menanganinya supaya anak tidak...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Manajemen Nyeri Prosedural Anak

    18 Maret 2019, 13:50
    dr. Andre
    dr. Andre
    Dokter Umum

    Alo TS! Nyeri prosedural ini merupakan salah satu hal yang paling ditakuti oleh pasien anak. Yuk pelajari bagaimana cara menanganinya supaya anak tidak terlalu kesakitan dan tidak trauma untuk berobat ke dokter.

    https://www.alomedika.com/manajemen-nyeri-prosedural-anak

    Penanganan nyeri prosedural pada anak sampai sekarang masih kurang diperhatikan oleh tenaga medis. Intervensi farmakologis dan nonfarmakologis dapat diberikan untuk manajemen nyeri prosedural pada anak. Intervensi secara multimodal sangat disarankan pada pasien anak. Intervensi nonfarmakologis dapat dilakukan sebelum, saat, ataupun setelah prosedur. Saat ini tidak ada rekomendasi khusus mengenai pilihan terapi yang dapat diberikan. Pemilihan terapi dapat didasarkan pada jenis prosedur, kenyamanan pasien dan petugas medis, serta rasa nyeri yang dirasakan pasien.

    Tatalaksana non farmakologis yang dapat digunakan pada nyeri prosedural anak, diantaranya adalah terapi musik, distraksi, dan sukrosa. Sedangkan tatalaksana farmakologis dapat menggunakan analgesik topikal dan OAINS.

    Nah, kalau TS sendiri biasanya apa yang dilakukan saat menghadapi pasien anak yang akan dilakukan tindakan medis yang menyebabkan nyeri? Apa ada tips khusus untuk penanganan nyeri prosedural ini? Yuk share di sini.

18 Maret 2019, 14:50

Alo,

Artikelnya menarik ya dok. Sepertinya kondisi ini sering dijumpai rekan-rekan sejawat dalam praktik sehari-hari. 

Kalau pengalaman pribadi, teknik distraksi cukup bermanfaat, Dok. Atau untuk anak-anak yang sudah usia sekolah, biasanya diberi iming-iming juga oleh orang tuanya misal jika tidak menangis akan diberikan sesuatu.

19 Maret 2019, 04:11
Kalau saya melakukan tindakan bedah minor ke anak biasanya stel musik yang dia suka dok. Jadi distraction fokusnya nyanyi. :) kadang kalau sama bayi kalau imunisasi pakai mainan yg dilegangin sama ortunya
19 Maret 2019, 11:43
Pembahasan yang sangat menarik Dok.
 Kalau pengalaman saya, dengan cara mengajak pasien anak bercerita tentang hal yang dia sukai, atau dengan mainan. Jika anak sudah lebih besar, dapat diberi pengertian sebelumnya tentang tindakan medis yang akan dilakukan dengan menggunakan istilah-istilah yang tidak membuat anak takut, serta meyakinkan anak bahwa prosedur tsb tidaklah sesakit seperti yang dia pikirkan.
19 Maret 2019, 12:51
Video ini bisa jadi contoh bagaimana seorang dokter memberi vaksinasi pada bayi tanpa membuat si bayi menangis 😊
19 Maret 2019, 12:51
19 Maret 2019, 12:51
Video ini bisa jadi contoh bagaimana seorang dokter memberi vaksinasi pada bayi tanpa membuat si bayi menangis 😊