Waktu yang tepat untuk melakukan skrining malaria kongenital pada bayi usia 3 minggu - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo Dokter. Ijin bertanya, Saya mendapatkan pasien bayi yang berusia 3 minggu. Bayi lahir melalui persalinan normal dengan berat badan 3,1 kg, saat ini berat...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Waktu yang tepat untuk melakukan skrining malaria kongenital pada bayi usia 3 minggu

    05 Desember 2019, 18:55

    Alo Dokter. Ijin bertanya, Saya mendapatkan pasien bayi yang berusia 3 minggu. Bayi lahir melalui persalinan normal dengan berat badan 3,1 kg, saat ini berat badan 4,2 kg. Domisili Timika, Papua.

    Saat melahirkan ternyata didapatkan ibu sang bayi mengalami infeksi malaria vivax; kemudian bayi diperiksa DDR 1 minggu kemudian (karena ibu merasa takut bayinya terkena malaria) dan tidak ditemukan adanya malaria. Saat usia 3 minggu bayi tersebut demam hanya setiap sore kurang lebih 4 hari dengan suhu 38-39 derajat celcius. Diperiksakan malaria dan didapatkan hasil lab PF 19.872 P/UL dan PV 3200 P/UL, dengan diagnosis malaria mixed diberikan terapi Malaria. Yang ingin saya tanyakan kapan malaria disebutkan sebagai malaria kongenital, pada kasus ini apakah termasuk malaria kongenital dan apakah pengobatannya sama dengan malaria lainnya? Kapan waktu terbaik untuk skrinning malaria pada bayi dari ibu yang saat melahirkan terkena malaria? 


    Terimakasih, salam hangat

05 Desember 2019, 19:05
Alo dokter
Izin saya sharing jurnal ya dok, case report congenital malaria

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4456531/

Dari jurnal tersebut juga dapat kita ketahui bahwa simptom pada bayi umumnya dapat dijumpai pada 3-12 Minggu setelah bayi lahir, sesuai dengan masa paruh igG ibu yang masuk lewat jalur plasenta...


05 Desember 2019, 19:29
Terimakasih informasi dan artikelnya ya dok 👍
06 Desember 2019, 06:17
Nice sharing Dok.
07 Desember 2019, 06:52
Alo Dok,

Ibu hamil/melahirkan yg mengalami malaria wajib di skrining utk memastikan malaria kongenital dok. Malaria bisa terjadi hingga 8 minggu pasca persalinan. Utk pengobatan, tetap bergantung pada jenis malarianya dok, jika memang mix maka berikan pengobatan malaria mix, setau saya sama seperti tata laksana malaria, hanya tdk boleh diberikan kina.
Berikut saya lampirkan panduan dari IDAI ya dok (mohon koreksi jika ada yg lebih update)