Kriteria skrining pemberian vaksin COVID-19 - Diskusi Dokter

general_alomedika

ALO Dokter!Dalam Chat Bersama Dokter, khususnya bagi TS Medical Advisor tentunya tidak jarang mendapatkan pertanyaan sejak beberapa bulan terakhir ini...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Kriteria skrining pemberian vaksin COVID-19

    19 Maret 2021, 17:11

    ALO Dokter!

    Dalam Chat Bersama Dokter, khususnya bagi TS Medical Advisor tentunya tidak jarang mendapatkan pertanyaan sejak beberapa bulan terakhir ini mengenai kriteria pemberian vaksin COVID-19 pada kondisi-kondisi tertentu. Mengingat pelaksanaan pemberian vaksinasi COVID-19 di Indonesia masih berjalan dan dilakukan bertahap sesuai dengan kelompok sasaran, beberapa organisasi profesi dan Kementerian Kesehatan juga mengeluarkan rekomendasi dan petunjuk teknis mengenai pelaksanaan vaksinasi.

    Berikut ini salah satunya terdapat update rekomendasi dari PAPDI yang dikeluarkan pada tanggal 18 Maret 2021: https://www.papdi.or.id/berita/info-papdi/1024-rekomendasi-papdi-tentang-pemberian-vaksinasi-covid-19-coronavac-revisi-18-maret-2021

    Serta terlampir Petunjuk Teknis Pelaksanaan Vaksinasi COVID-19 dari Kementerian Kesehatan, yang juga berisi format pertanyaan skrining sebelum vaksinasi COVID-19 yang dapat sejawat sekalian gunakan sebagai referensi.

     Dari sejawat sekalian mungkin ada rekomendasi atau update terbaru mengenai pemberian vaksin COVID-19? Mari kita diskusikan bersama, dok.

19 Maret 2021, 17:15

Berikut lampiran dokumennya:

SK Dirjen Juknis Vaksinasi COVID-19 Januari 2021.pdf
20 Maret 2021, 12:46
Alo dr olvy, kalau untuk penderita alergi golongan penisilin apakah diperbolehkan vaksin sinovac?
19 Maret 2021, 17:51
dr.Aprilia
dr.Aprilia
Dokter Umum

Alo dr. Olvy, terima kasih untuk informasinya, izin menambahkan juga Dok, dari Alomedika juga sudah ada penjelasan mengenai vaksinasi covid pada kondisi khusus, seperti pada ibu hamil & menyusui serta kondisi imunodefisiensi. Terima kasih Dok.

https://www.alomedika.com/vaksinasi-covid-19-pada-wanita-hamil-dan-menyusui

https://www.alomedika.com/vaksinasi-inactivated-covid19-kondisi-imunodefisiensi

22 Maret 2021, 15:46

Terima kasih dr. Rose lampiran artikelnya. 

22 Maret 2021, 15:52
20 Maret 2021, 12:46
Alo dr olvy, kalau untuk penderita alergi golongan penisilin apakah diperbolehkan vaksin sinovac?

Alo dr. Uly, merujuk pada rekomendasi PAPDI yang link-nya saya lampirkan juga sebelumnya, dijelaskan bahwa pada kondisi alergi obat yang perlu perhatian adalah yang memiliki riwayat alergi terhadap neomicin, streptomicin, gentamicin, polimiksin, terutama pada vaksin yang mengandung komponen tersebut. Namun, vaksin COVID-19 tidak mengandung komponen tersebut sehingga dapat diberikan.

Tentunya juga dengan observasi pasca vaksinasi dan melaporkan pada tempat vaksin jika terjadi reaksi-reaksi alergi, dan jika memang ada riwayat alergi obat kegiatan vaksinasi sebaiknya dilakukan di fasilitas kesehatan yang menyediakan sarana pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut. Demikian dok, semoga dapat menjawab.