Keluar cairan bening di telinga pada anak - THT Ask The Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dr. Rano, Sp.THT-KL, saya mohon izin bertanya. Saya mendapat user yang mengeluhkan anaknya usia 2 tahun keluar cairan bening dari telinga kanan sudah 2...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Keluar cairan bening di telinga pada anak - THT Ask The Expert

    29 September 2021, 10:47
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Alo dr. Rano, Sp.THT-KL, saya mohon izin bertanya. Saya mendapat user yang mengeluhkan anaknya usia 2 tahun keluar cairan bening dari telinga kanan sudah 2 hari. Sebelumnya ada riwayat pilek. Namun katanya tidak ada demam/nyeri telinga. Dikatakan anak juga senang berenang.

    Pada kasus seperti ini apakah termasuk otitis media akut, Dok? Kemudian apakah penanganan yg dapat diberikan? Apakah dapat diberikan antibiotik tanpa melakukan pemeriksaan langsung?


    Terima kasih banyak, Dok..

29 September 2021, 12:27
dr. Rano Aditomo, Sp.THT-KL
dr. Rano Aditomo, Sp.THT-KL
Dokter Spesialis THT

Alodokter, terima kasih atas pertanyaanya.

Cairan bening atau serous lebih sering diproduksi oleh telinga luar. Namun pada kasus ini sebelumnya anak ada riwayat pilek juga, bisa di diagnosis banding dengan otitis Media

Hal yang harus ditanyakan lagi saat telemedicine adalah, adakah nyeri pada daun telinga, dan apakah anak rewel / menolak untuk disentuh telinganya. Hal ini bisa untuk menegakkan ke arah diagnosisi otitis eksterna. Namun pada pasien ini tidak ada ya.

Selain itu juga harus ditanyakan riwayat korek-korek telinga. Namun jika ada riwayat renang diagnosis bisa mengarah ke Swimmer ear atau otitis eksterna. 

Atau bisa juga kotoran telinga yang larut terkena air kolam renang. 

Untuk kasus ini, sebaiknya ditunda pemberian antibiotik, karena tidak ada nyeri, demam. Namun jika pileknya sudah lebih 5 hari (Rinitis post viral / bakterial), bisa dipertimbangkan juga pemberian antibiotik.

Dan jangan lupa untuk disarankan ke dokter THT secara langsung untuk melihat kondisi liang telinga dan membran timpani.

Terima kasih