Olahraga indoor untuk mempertahankan masa otot pasien osteoartritis genu - Olahraga Ask The Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dr.Alvin Sp.KOIngin menanyakan, untuk pasien obesitas dengan osteoartritis genu..olahraga indoor apa saja yg dianjurkan terutama di era pandemi saat ini....

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Olahraga indoor untuk mempertahankan masa otot pasien osteoartritis genu - Olahraga Ask The Expert

    03 Februari 2021, 13:18
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Spesialis Gizi

    Alo dr.Alvin Sp.KO

    Ingin menanyakan, untuk pasien obesitas dengan osteoartritis genu..olahraga indoor apa saja yg dianjurkan terutama di era pandemi saat ini. Dengan harapan akan terjadi penurunan massa lemak namun tidak terjadi penurunan massa otot.

    Terima kasih sebelumnya dok

03 Februari 2021, 13:24
Alo Dok! Untuk olahraga selama masa pandemi seperti ini, olahraga di rumah atau jauh dari keramaian adalah yang terbaik. Demgan kondisi osteoartritis genu, olahraga pilihan adalah olahraga non-weight bearing untuk meningkatkan kapasitas jantung paru nya. Massa lemak akan turun mengikuti rutinitas exercise tersebut dengan menjaga defisit energi balancr. Kemudian untuk menjaga massa otot, tidak dapat sekaligus, direkomendasikan untuk ditambah sesi latihan kekuatan, dengan kondisi tersebut latihan kekuatan non weight bearing dengan berat badan sendiri dapat dilakukan, misalnya dengan latihan 4 ways straight leg raise (SLR) secara teratur. Rekomendasi olahraga dari American College of Sports Medicine (ACSM) adalah 3-5x latihan kardiorespiratori/aerobik ditambah dengan 2x latihan beban per minggu nya. Namun perlu diperhatikan untuk meningkatnya secara bertahap untuk menghindari cedera. Terima kasih.