Keamanan vaksin Covid 19 saat terapi obat-obatan psikiatri - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dokter dan selamat malam TS. Izin bertanya dokter khususnya kepada TS Psikiater mengenai keamanan vaksin covid jenis Sinovac dan Aztrazeneca terhadap...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Keamanan vaksin Covid 19 saat terapi obat-obatan psikiatri

    16 Juni 2021, 17:40
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Alo dokter dan selamat malam TS. Izin bertanya dokter khususnya kepada TS Psikiater mengenai keamanan vaksin covid jenis Sinovac dan Aztrazeneca terhadap terapi pengobatan psikatri (ex:SsRI dan Divalproat sodium).

    Pasien saya bertanya apakah masih boleh vaksin covid saat dia sedang menjalani terapi obat di atas yang sudah dijalani selama 2 bulan? 

    Adakah literatur keamanan vaksin terkait hal ini dokter?

    Terimakasih banyak TS. Sehat selalu.

16 Juni 2021, 18:48

Alo dokter. Izin coba ikut menjawab sekaligus berdiskusi ya dok.. Saya juga belum banyak menemukan referensi terkait hal ini, namun di referensi berikut ini: https://www.researchgate.net/publication/349078802_COVID-19_vaccination_for_people_with_severe_mental_illness_why_what_and_how membahas mengenai efek dari obat-obatan psikotropika dengan vaksin COVID-19 dan memang secara khusus masih terbatas data yang meneliti mengenai hal tersebut untuk masing-masing vaksin,  namun salah satunya yang dibahas yakni obat-obatan antipsikotik dapat memberikan efek yang berbeda-beda dari respon sitokin pada pasien dengan gangguan psikosis, dapat menyebabkan efek antiinflamasi yang berdampak pada efikasi vaksin karena dapat menekan sistem imun dalam pembentukan antibodi. Contoh lain yang disebutkan adalah pada pasien pengobatan dengan Clozapine yang berhubungan dengan neutropenia sehingga dapat meningkatkan kerentanan terjadinya infeksi. Sehingga kaitannya dengan pemberian vaksin yakni pada respon pembentukan antibodi yang mungkin dapat berbeda-beda.

Namun, untuk pertimbangannya tentu dapat melihat dari segi risk and benefit serta kondisi pasien misalkan adakah komorbid tertenu dan kondisi perjalanan penyakitnya. Kalau dari rekomendasi di Indonesia sendiri, yang saya dapatkan dari PAPDI mengenai rekomendasi pemberian vaskin Sinovac pada pasien dengan gangguan psikosomatis berikut ini https://www.papdi.or.id/berita/info-papdi/1024-rekomendasi-papdi-tentang-pemberian-vaksinasi-covid-19-coronavac-revisi-18-maret-2021

Demikian dok, semoga dapat membantu, turut menyimak juga update dari dokter spesialis psikiatri.. mohon koreksi jika ada kekurangan dok, terima kasih. 

16 Juni 2021, 23:12
Anonymous
Anonymous
Dokter Umum
Terimakasih banyak dokter, sehat selalu 🙏