Kasus kutu rambut dalam Chat Bersama Dokter, bagaimana terapi yang tepat? - Diskusi Dokter

general_alomedika

ALO Dokter, seorang pengguna mengeluhkan kulit kepala terasa gatal sejak 2 minggu terakhir, dan menemukan banyak telur kutu di rambut, pengguna mengatakan...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Kasus kutu rambut dalam Chat Bersama Dokter, bagaimana terapi yang tepat?

    14 September 2020, 14:27

    ALO Dokter, seorang pengguna mengeluhkan kulit kepala terasa gatal sejak 2 minggu terakhir, dan menemukan banyak telur kutu di rambut, pengguna mengatakan sering menggaruk kulit kepala dan timbul rasa perih, dan pengguna mengaku belum pernah memakai obat apapun untuk mengurangi gejalanya.

     

    Menurut pendapat sejawat, apabila menemui kasus serupa dalam konsultasi online, apakah kita sudah harus merujuk pengguna untuk periksa langsung ke dokter atau kita bisa memberikan home management terlebih dahulu seperti menggunakan sisir serit dan meresepkan cairan atau sampo khusus pembasmi kutu? Bagaimana penanganan yang akan dokter berikan?

14 September 2020, 14:35
Pedikulosis capitis ya

Bisa aja di berikan sisir kutu yang di basahi sebelumnya, agar lebih mudah mengambil kutunya

Saran saya sebaikan bisa di berikan permetrin 1% lotion ya, sebagai pengobatan topikal,

Jika nanti tidak respon baru bisa diberikan pengobatan oral juga

14 September 2020, 14:53

ALO dr. Roby, terima kasih, Dok untuk sarannya, izin lanjut bertanya Dok, pengobatan topikalnya dapat dilakukan sampai berapa kali ya, Dok? untuk menentukan perlu atau tidaknya terapi lanjutan?

14 September 2020, 14:51

Alo dr. Rose

Terima kasih atas sharingnya. 
DIlihat dari gejala dan foto klinisnya mengarah ke pedikulosis capitis. Untuk pengobatannya bisa diberikan obat topikal lini pertamanya adalah pyrethrins dan permetrin lotion 1%. Dapat disertakan home management non medikamentosa berupa pengambilan kutu secara langsung menggunakan tangan atau menggunakan sisir kutu dan mencukur rambut juga dapat menjadi pilihan, namun secara kosmetik sulit diterapkan pada beberapa pasien. Lalu diakhir dapat disertai warning sign  jika gejala tidak membaik mungkin setelah 2 minggu,  diperiksakan ke dokter secara langsung untuk pertimbangan pemeriksaan lanjutan dan tatalaksananya

Mungkin ada sejawat lain yang ingin menambahkan. CMIIW

14 September 2020, 15:27

Alo dr. Yanty, terima kasih untuk pendapat dan sarannya, namun sepertinya sulit ya Dok jika pilihannya harus mencukur rambut, karena kebetulan usernya perempuan. 

14 September 2020, 14:54

Alo dr. Rose, terima kasih atas sharing kasusnya, coba bantu memberi jawaban ya dok..

Kulit kepala gatal dan ditemukan telur kutu khas untuk pediculosis capitis ya dok. Sebagai penanganan awal bisa diberikan terapi topikal dengan Permetrin lotion 1% sebagai lini pertama yang cukup mudah didapat dengan berbagai macam merk dagang. Selain itu sebagai pilihan lain bisa juga Malathion 0,5%. 

Obat tersebut bisa diberikan lewat resep online tentu dengan memastikan tidak ada kontraindikasi dan edukasi juga mengenai cara pemakaian pakaikan pada rambut yang setengah kering, diamkan 10 menit kemudian basuh.

Selain itu juga penting untuk edukasi menggunakan sisir serit, serta menjaga kebersihan rambut dan kepala, tidak bertukar-tukar handuk, sisir atau barang pribadi, dan jika ada anggota keluarga/orang serumah yang memiliki keluhan sama juga perlu diobati.

Sebagai referensi untuk pilihan terapinya, berikut referensinya dok https://www.alomedika.com/penyakit/dermatovenereologi/pedikulosis/penatalaksanaan

Semoga bisa membantu, turut menyimak juga jawaban TS lainnya, terima kasih

14 September 2020, 15:41

Alo dr. Olvy, terima kasih dok untuk masukan dan referensinya, user mengaku tidak ada anggota keluarga lain yang mengalami keluhan serupa dok. Betul juga ya dok, selain edukasi untuk jaga kebersihan rambut, penting juga untuk mengedukasi bagaimana cara menggunakan sisir serit dan pemakaian lotion tersebut.