Artikel SKP Alomedika - Jangan Berikan Antihistamin dan Dekongestan untuk Otitis Media pada Anak - Diskusi Dokter

general_alomedika

ALO, Dokter!Otitis media merupakan penyakit yang sering dialami oleh anak-anak. Sekitar 50-85% anak usia 3 tahun setidaknya pernah mengalami 1 kali episode...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Artikel SKP Alomedika - Jangan Berikan Antihistamin dan Dekongestan untuk Otitis Media pada Anak

    18 Februari 2021, 11:23

    ALO, Dokter!

    Otitis media merupakan penyakit yang sering dialami oleh anak-anak. Sekitar 50-85% anak usia 3 tahun setidaknya pernah mengalami 1 kali episode otitis media akut.

    Kondisi alergi sering kali dikaitkan dan diduga menjadi penyebab otitis media akut pada anak, sehingga antihistamin sering dipakai untuk mengobatinya. Secara teori, dekongestan juga diharapkan dapat mengurangi edema mukosa pada tuba Eustachius dan mengurangi cairan telinga.

    Padahal, tidak ada bukti klinis yang menunjukkan manfaat kedua agen tersebut dalam mengatasi otitis media pada anak. Justru, efek samping signifikan telah dilaporkan akibat penggunaan antihistamin dan/dekongestan. Efek samping yang timbul berupa sedasi, iritabilitas, dan gangguan gastrointestinal.

    Simak pembahasan lebih lanjut mengenai bukti klinis dan pedoman terkait otitis media pada anak di artikel SKP Alomedika.

    Klik SKP Online seperti panduan pada gambar di bawah, untuk mendapatkan 25 poin Alomedika dan 2 poin SKP IDI GRATIS!

18 Februari 2021, 13:45

segera dibaca dan dikerjakan ya dok.. terimakasih