Pasien Covid 19 apakah perlu dilakukan test D-dimer - Patklin Ask The Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dr. Tonang Dwi Ariyanti, Sp. PK, Phd., izin bertanya dokter.Apakah pemeriksaan D-dimer perlu rutin dilakukan pada setiap pasien COVID-19? Atau kapan...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pasien Covid 19 apakah perlu dilakukan test D-dimer - Patklin Ask The Expert

    14 Juli 2021, 13:06

    Alo dr. Tonang Dwi Ariyanti, Sp. PK, Phd., izin bertanya dokter.

    Apakah pemeriksaan D-dimer perlu rutin dilakukan pada setiap pasien COVID-19? Atau kapan pemeriksaan D-dimer direkomendasikan diperiksa pada pasien COVID-19?

    Terimakasih sebelumnya dokter 🙏

14 Juli 2021, 13:11
dr. Tonang Dwi Ardyanto Sp PK PhD
dr. Tonang Dwi Ardyanto Sp PK PhD
Dokter Spesialis Patologi Klinik

Tks Dr Nuruf Falah, sebenarnya tidak harus dilakukan secara rutin Dok. Secara rutin hanya pada yang bergejala berat atau dengan faktor risiko seperti riwayat gangguan koagulasi darah (hipertensi, Penyakit Jantung, DM, stroke, DVT). Bila tidak ada kekhususan tersebut, D-dimer tidak secara rutin harus dilakukan.

Bila memang ada faktor-faktor risiko tersebut, sebaiknya di awal timbulnya gejala, dilakukan pemeriksaan awal untuk menentukan risiko. Bila sejak awal gejala langsung berat dan dalam perawatan di RS, maka dilakukan di awal, kemudian menyesuaikan perkembangan klinisnya. Bila indikatif, biasanya dilakukan serial setiap 2-3 hari sekali selama fase akut atau sampai klinis sudah jelas perbaikan. 

Selesai perawatan covid, ada baiknya dilakukan juga pemeriksaan d-dimer untuk memastikan status koagulasi sudah kembali ke rentang normal sehingga menandakan recovery yang optimal. 

Tks Dok. 

14 Juli 2021, 13:14
Baik dr. Tonang, terimakasih banyak untuk informasinya dokter, sangat bermanfaat 🙏🙏