Indikasi Operasi pada PeriApendicular Infiltrate (PAI) - Bedah Ask The Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Ijin bertanya pada dr Sonny SpB. 1. Bgmn menentukan suatu kasus PAI perlu pembedahan ?2. apa klinis yg perlu dievaluasi (anamnesis ,pemeriksaan fisik,...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Indikasi Operasi pada PeriApendicular Infiltrate (PAI) - Bedah Ask The Expert

    10 Februari 2021, 09:34

    Ijin bertanya pada dr Sonny SpB. 

    1. Bgmn menentukan suatu kasus PAI perlu pembedahan ?

    2. apa klinis yg perlu dievaluasi (anamnesis ,pemeriksaan fisik, penunjang)?

    3.Apakah butuh CT scan abdomen?

    Masalahny, bbrp kali saya menemukan pasien dicurigai PAI hanya mengeluh rasa tidak nyaman di perut kanan bawah, beda dgn AppendicitisAkut yg nyeri hebat.

    Area McBurney ditekan2 jg tidak terlalu terasa..Leukosit normal. Diminta konsul & rujuk ke bedah ogah. Mohon saran utk kasus spt ini..

    Terimakasih atas perhatian yg diberikan

10 Februari 2021, 10:09

ALO, dr Albert!

 

Terima kasih atas pertanyaan nya dok.

 

Saya jawab pertanyaan nya ya dok:

1. Peri Appendicular Infiltrat (PAI) disarankan untuk diterapi konservatif dengan antibiotik dan bila terbentuk abses dilakukan drainase. Namun bila membaik dan keluhan hilang, boleh tidak dilakukan apendektomi, namun sebaiknya pasien tetap diberi informasi bahwa ada risiko terjadi kekambuhan di kemudian hari oleh karena adanya fekolit yang menyumbat.

 

2. Penegakan diagnosis PAI dilakukan dengan pemeriksaan klinis (palpasi massa di kuadran kanan bawah disertai riwayat terakit appendisitis), laboratorium sederhana darah lengkap diperlukan untuk mengetahui perjalanan penyakit (bila lekosit menurun menandakan bahwa peradangan mulai berkurang) dan bila perlu ditambahkan CT scan abdomen untuk evaluasi ukuran massa, perlengketan, dan eksklusi adanya massa colon kanan.

 

3. CT scan abdomen dianjurkan untuk dilakukan dok, terutama pada pasien usia di atas 40 tahun, untuk membedakan massa yang ada dengan suatu keganasan colon kanan.

 

Semoga menjawab pertanyaan nya ya dok. 

 

Terima kasih.