Imunisasi Lebih Awal dari Jadwal - Diskusi Dokter

general_alomedika

saya ingin bertanya pertanyaan yg sempat ditanyakan beberapa user, dan kebetulan saya belum menemukan sumber yg valid (atau kata kuncinya yg salah mungkin)....

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Imunisasi Lebih Awal dari Jadwal

    25 Januari 2019, 08:51

    saya ingin bertanya pertanyaan yg sempat ditanyakan beberapa user, dan kebetulan saya belum menemukan sumber yg valid (atau kata kuncinya yg salah mungkin). apakah ada efeknya imunisasi lebih awal dari usianya? waktu itu ada yg menanyakan DPT pada usia 1 bulan (salah suntik, harusnya BCG jadi DPT), atau campak (mungkin MR) pada usia 5 bulan (harusnya DPT jadi campak)? saya cari kemungkinan dari adverse effectnya saja jadi kemungkinan munculnya lebih besar. mungkin ada yg lain yg perlu diperhatikan untuk kasus seperti ini? atau masih belum jelas efeknya?



    BTK

25 Januari 2019, 09:17

Alo dr. Katya,

saya sempat membaca, untuk DPT paling cepat dapat diberikan pada usia 6 minggu, dan untuk campak sendiri paling cepat dapat diberikan pada usia 9 bulan. jika diberikan terlalu dini kemungkinan efek dari vaksin tersebut akan kurang maksimal, untuk efek lainnya saya belum menemukan sumber nya dok. terima kasih dok. CMIIW

https://www.cdc.gov/vaccines/pubs/pinkbook/downloads/appendices/a/age-interval-table.pdf

https://www.who.int/immunization/sage/meetings/2015/october/2_MCV1_below_9_months_Effect_safety_28092015.pdf

25 Januari 2019, 11:37
Terimakasih share jurnalnya dr.Frisca , tabelnya sangat jelas memperlihatkan batasan minimum dan maksimum usia vaksin termasuk juga informasi pemberian vaksin selanjutnya. Sangat bermanfaat. Terimakasih 😊
25 Januari 2019, 11:23
Alodokter. Terkait pemberian vaksin Measles
Penelitian yang dilakukan ditahun 2015 dengan judul: 
"Measles vaccination below 9 months of age:
Systematic literature review and meta‐
analyses of effects and safety"
Menemukan bahwa terkait efektivitas vaksin (Vaccine effectiveness) dan imunogenitas humoral (humoral immunogenicity) didapatkan lebih rendah pada kelompok yang mendapat vaksin dibawah usia 9 bulan.

Selanjutnya ditemukan bahwa pemberian vaksin measles dibawah usia 9 bulan, justru menimbulkan efek "blunting" pada vaksin berikutnya. Sementara untuk adverse events pemberian lebih dini vaksin measles, tidak ditemukan, namun masih membutuhkan penelitian lebih lanjut. Berikut saya sertakan file PDF terkait hasil penelitian.

Mencermati hal ini, meskipun belum mendapat penelitian serupa terkait vaksin lainnya, namun sepertinya juga berlaku sama untuk vaksin yang lain, pemberian vaksin lebih dini dari usia anjuran sebaiknya dihindari karena kemungkinan akan menurunkan efektivitas vaksin, ditambah lagi dengan kemungkinan lanjut adanya adverse events setelah pemberian. 

Edukasi pada petugas kesehatan, juga orang tua terkait jadwal imunisasi sesuai rekomendasi IDAI sangat penting untuk terus dilakukan.

CMIIW
Terimakasih


25 Januari 2019, 11:32
Mohon maaf ini PDF penelitian yang saya maksud. Ternyata sama dengan yang dishare dr.Frisca diatas. Terimakasih
2_mcv1_below_9_months_effect_safety_28092015.pdf
27 Januari 2019, 06:00
terima kasih infonya dok 😊